Breaking News:

Sambang Kampung

Manfaatkan Teknologi di Lahan Terbatas, Warga Kalijudan Budidaya Bandeng dan Sayur

Bantuan teknologi itu berupa satu buah bak ikan yang disinkronkan dengan pot hidroponik. Yaitu, budidaya bandeng dilakukan di kolam fiber.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Parmin
surya/sulvi sofiana
Warga budidaya bandeng dengan kolam fiber. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wilayah Kelurahan Kalijudan, Kota Surabaya, merupakan kawasan yang memiliki lahan tambak relatif banyak. Sayangnya, saat ini wilayah itu sudah banyak berubah menjadi pemukiman. Sehingga, warga tidak bisa lagi membudidayakan hasil perikanan secara luas.

Teknologi pengolahan lahan terbatas menjadi solusi bagi pemenuhan kegiatan bagi ibu rumah tangga.

Siti Lestari, warga RT 5, RW 6 Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, mengungkapkan, warga mulai berinteraksi dengan terobosan terbaru. Yaitu, teknologi budidaya ikan dan sayur secara bersamaan.

“Kegiatan rutin warga biasanya hanya berkisar kumpul tetangga atau arisan PKK. Sekarang kami mulai saling peduli karena ada bantuan teknologi untuk dilaksanakan,” ungkap Siti Lestari, Rabu (5/7/2017).

Bantuan teknologi itu berupa satu buah bak ikan yang disinkronkan dengan pot hidroponik. Yaitu, budidaya bandeng dilakukan di kolam fiber, yang di atasnya terdapat tanaman hidroponik, dalam hal ini sayuran bayam.

Pada saat dibudidayakan, ikan hasil budidaya dan tanaman bayam dapat tumbuh baik dan dapat dipanen bersamaan.

“Sementara kolamnya ditaruh di lahan kosong dekat rumah saya, jadi ibu-ibu kadang datang ngasih makan. Kalau nggak ada ya saya,” tegasnya.

Kolam fiber ini, menurut Siti, menjadi awal kegiatan mendekatkan warga satu sama lain. Sebab, warga jadi lebih aktif untuk bertemu dan berinteraksi satu sama lain.

Karena akan mulai terbentuk kelompok masyarakat untuk merawat tumbuhan satu sama lain.

“Sekitar 15 ibu PKK sudah aktif belajar budidaya. Rencana panen bandeng masih lima bulan lagi, kalau bayam sebulan lagi bisa panen,” ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved