PPDB SMA dan SMK

Jika Pagu Sekolah Tak Terpenuhi, Dua Opsi ini Menjadi Pilihan

"Tinggal dipilih opsi mana yang dipilih dan disetujui(Gubernur)," kata Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman saat ditemui, Rabu (5/7/2017).

Jika Pagu Sekolah Tak Terpenuhi, Dua Opsi ini Menjadi Pilihan
surya/sulvi sofiana
Kadindik Jatim Saiful Rachman 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Jatim akan ditutup, Kamis (6/7/2017) tepat pukul 24.00 WIB.

Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim memprediksi jumlah pendaftar pada hari terakhir akan meningkat setelah sebelumnya calon pendaftar hanya memantau persaingan.

Meski demikian, Dindik Jatim juga mengantisipasi sekolah-sekolah yang pagunya belum terisi penuh saat PPDB ditutup. Ada dua opsi ditawarkan Dindik Jatim kepada Gubernur Jatim.

"Tinggal dipilih opsi mana yang dipilih dan disetujui," kata Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman saat ditemui, Rabu (5/7/2017).

Saiful mengatakan, opsi pertama menarik siswa yang sudah mendaftar online namun belum diterima pada pilihan pertama maupun pilihan kedua. Proses ini tetap menggunakan nilai ujian nasional (UN) sebagai pertimbangan.

"Proses ini tidak akan mempengaruhi siswa yang sudah diterima di pilihan pertama atau kedua," ujarnya.

Menurutnya, siswa yang sudah diterima akan langsung dikunci oleh sistem. Sehingga, posisinya tidak bergerak ketika ada mekanisme pemenuhan pagu.

Opsi kedua, lanjut Saiful, dengan membuka PPDB SMA/SMK tahap kedua. Opsi ini dilakukan setelah proses daftar ulang tuntas.

"Kalau pakai opsi kedua, nanti PPDB hanya dibuka dalam satu hari," terangnya.

Pilihan ini membutuhkan waktu untuk validasi sekolah-sekolah yang kekurangan siswa. Makanya, PPDB tahap dua dilaksanakan usai proses daftar ulang.

"Saat online nanti hanya ditampilkan sekolah-sekolah yang kekurangan siswa. Kemudian siswa yang belum diterima bisa mendaftar. Namun, siswa yang sudah diterima tidak boleh ikut mendaftar pada PPDB tahap dua," tegasnya.

Wali murid dan calon peserta didik yang hendak mendaftar ke jenjang SMA/SMK harus segera bergegas.
Menunggu dan melihat (wait and see) peluang serta persaingan sudah bukan lagi saatnya.

Sebab, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK di Jatim Kamis (6/7/2017) merupakan hari terakhir.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved