PPDB SMA dan SMK

Hari Ketiga PPDB, Pendaftar di Sejumlah SMK masih Sepi, terutama Jurusan Baru

“Saya masih lihat hari terakhir pergerakan nilainya bagaimana, nilai anak saya kan 295,0 jadi ya waswas,”ungkapnya, Rabu (5/7/2017).

Hari Ketiga PPDB, Pendaftar di Sejumlah SMK masih Sepi, terutama Jurusan Baru
foto: surya/saktia dewi
SMK Negeri 10 Surabaya siap menerima siswa baru. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim masih menarik perhatian wali murid. Sayangnya, tidak semua wali murid mendaftarkan anaknya sejak hari pertama.

Seperti dilakukan Titik Triwahyuningsih, warga Pacar Keling yang ingin mendaftarkan anaknya di jurusan Multimedia SMK.

“Saya masih lihat hari terakhir pergerakan nilainya bagaimana, nilai anak saya kan 295,0 jadi ya waswas,”ungkapnya, Rabu (5/7/2017).

Rencananya, dirinya mendaftarkan anaknya besok, Kamis (6/7/2017). Harapannya nilai anaknya bisa memenuhi masuk SMKN 10 Surabaya. Sebab, hari ini dirinya melihat pendaftar multimedia SMKN 1 yang cukup tinggi nilainya.

“Anak saya yakinnya ya ikut di SMKN 10, jadi ya besok baru mau daftar lewat HP,”imbuhnya.

Perilaku pendaftar yang masih menunggu ini patut diwaspadai. Kekhawatiran adanya desakan pendaftar ke laman online di hari terakhir patut dicermati.

Mengingat hingga hari ketiga pendaftar persaingan di SMA maupun SMK masih tampak jelas. Seperti di Surabaya, jumlah pendaftar SMA hingga pukul 18.00 kemarin baru mencapai 5.132 siswa.

Sementara yang memilih SMK bahkan lebih kecil, yakni 4.065 siswa. Jumlah ini masih jauh dari pagu kumulatif Kota Surabaya yang tersedia di SMA sebanyak 6.118 kursi dan SMK 6.153 kursi.

Kepala SMKN 12 Surabaya, Bhiwara Sakti Pracikan mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui pasti alasan mengapa jumlah pendaftar masih sepi memasuki hari ketiga.

Dari 16 jurusan yang dibuka, baru jurusan Teknik Permesinan di sekolahnya yang pendaftarnya telah melebihi pagu. Sementara 15 jurusan lainnya justru melompong.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved