Road to Election

Demokrat Jatim Bentuk Tim Khusus Bahas Pendaftaran Pilkada

DPD Demokrat Jatim akan membentuk tim khusus untuk membahas mekanisme pendaftaran cagub dan cawagub Jatim jelang Pilkada 2018.

Demokrat Jatim Bentuk Tim Khusus Bahas Pendaftaran Pilkada
surya/habibur rohman
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim melakukan langkah cepat pasca keluarnya surat dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) terkait pendaftaran calon kepala daerah.

Di antaranya, dengan membentuk tim khusus yang akan membahas mekanisme pendaftaran calon melalui partai berlambang mercy ini.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio, mengungkapkan bahwa tim ini terdiri dari unsur DPD maupun DPC Demokrat di Jawa Timur.

"Ada dari pengurus harian DPD Demokrat hingga tim pemenangan dari masing-masing wilayah," ujar Renville kepada Surya.

Selama sepekan, tim ini akan membuat regulasi terkait tata cara pendaftaran bakal calon gubernur maupun wakil gubernur melalui partainya.

"Kami targetkan pertengahan Juli, sudah dibuka pendaftaran," lanjut anggota DPRD Jatim ini.

Langkah tindak lanjut ini menyusul adanya surat perintah dari DPP dengan Nomer 05/2017 tertanggal 23 Juni 2017. Yang mana surat ini mengatur tata cara pendaftaran calon kepala daerah termasuk untuk pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

“Atas dasar surat itu, kami baru berani secara resmi membuka pendaftaran cagub-cawagub,” kata Renville.

Meskipun surat tersebut baru diterima baru-baru ini, DPP memperbolehkan masing-masing daerah untuk mengakomodasi bakal calon yang telah mendaftar sejak Mei lalu. Sehingga, bakal calon gubernur dari PKB, Saifullah Yusuf, yang juga mendaftar di partai ini pada awal Juni lalu, dipastikan telah tercatat di DPD Demokrat.

"Pendaftaran Gus Ipul kemarin tetap berlaku, apalagi Gus Ipul sudah minta arahan Ketum SBY. Gus ipul sudah diijinkan (SBY) untuk daftar cagub lewat Demokrat,” jelasnya.

Dengan keluarnya rekomendasi dari DPP ini, maka anggapan spekulasi koalisi Demokrat dengan PKB untuk mengusung Gus Ipul, sekaligus menutup peluang bacagub lain, sedikit terbantahkan. Sebab, akan ada bacagub maupun bacawagub lain yang akan menyusul untuk mengadu nasib di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Ada beberapa calon yang memungkinkan untuk segera mendaftar. Di antaranya, kader internal Demokrat yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum, Nurhayati Ali Assegaf. Kemudian, ada unsur dari eksternal.

Misalnya, selain Gus Ipul, ada beberapa di antaranya berasal dari unsur birokrat. Yakni, kepala inspektorat Jatim, sekaligus bawahan Soekarwo (gubernur Jatim sekaligus ketua DPD Demokrat Jatim), Nurwiyatno.

Cak Nur, sapaan Nurwiyatno, telah mendeklarasikan diri untuk ikut bertarung pada pilkada yang rencananya akan dilangsungkan pada pertengahan 2018 mendatang tersebut. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved