Berita Surabaya

Pertama di Indonesia, Kebun Raya Mangrove Akan Dibangun di Surabaya

Upaya Pemerintah Kota Surabaya mengembangkan kawasan konservasi di pantai timur membuahkan hasil. Ini Buktinya!

Pertama di Indonesia, Kebun Raya Mangrove Akan Dibangun di Surabaya
surya/fatimatuz zahroh
Puluhan pelajar SMP melepas kepiting di dermaga perairan kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya, Rabu (3/5/2017). 

SURYA.co.id I SURABAYA - Upaya Pemerintah Kota Surabaya mengembangkan kawasan konservasi di pantai timur membuahkan hasil.

Pemerintah pusat melalui LIPI sudah memberikan persetujuan agar Kota Surabaya menjadi rujukan penelitian hutan mangrove dengan membentuk kebun raya khusus tanaman bakau.

Kebun raya mangrove ini akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Untuk itu, kini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya tengah mempersiapkan lokasi kebun raya tersebut.

"Akan ada empat lokasi yang akan kami pilih sebagai lokasi kebun raya. Yaitu Rungkut, Gunung Anyar, Sukolilo dan Wonorejo," ucap Kepala DKPP Djoestamadji, Jumat (30/6/101).

Pria yang juga mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan ini menyebutkan tidak semua dari 2.500 hektar kawasan pamurbaya yang akan dijadikan kebun raya mangrove ini. Melainkan hanya 40 hektar saja.

Wilayah kebun raya itu nantinya akan dijadikan pusat studi.

Bagi yang ingin mengetahui tentang tanaman bakau, jenis, pengembangbiakan dan juga pemanfaatan mangrove itu sendiri. Kebun raya itu nantinya akan dibuka untuk umum.

"Pembangunannya akan dimulai tahun 2018 mendatang. Sekarang kami menyiapkan lahan dan jenis jenis mangrove yang sudah kami tanam di sana apa saja sedang kami data," katanya.

Sejauh ini setidaknya ada puluhan jenis mangrove yang ada di Pamurbaya, seperti di kawasan Wonorejo. Mulai jenis Sonneratia alba, Avicennia alba, Rhizophora apiculata dan banyak lagi.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved