Berita Surabaya

Jelang Fit and Proper Test, ini yang Harus Disiapkan 13 Calon Direktur PD Pasar Surya

Sebanyak 13 calon direktur Perusahaan Daerah Pasar Surya diminta untuk mempersiapkan diri jelang fit and proper test yang akan dilakukan pasca libur

Jelang Fit and Proper Test, ini yang Harus Disiapkan 13 Calon Direktur PD Pasar Surya
surya/fatimatuz zahro
suasana tes psikologi seleksi direksi PD Pasar Surya. 

SURYA.co.id I SURABAYA - Sebanyak 13 calon direktur Perusahaan Daerah Pasar Surya diminta untuk mempersiapkan diri jelang fit and proper test yang akan dilakukan pasca libur lebaran pekan depan.

Saat ini Badan Pengawas PD Pasar Surya tengah mematangkan tahap fit and proper test yang akan dilakukan bagi calon direktur utama dan direktur keuangan.

Sekretaris Badan Pengawas PD Pasar Surya Bambang Supriyadi mengatakan 13 calon yang ada terdiri dari enam calon untuk direktur utama dan tujuh orang calon untuk direktur keuangan.

"Semua sesi sudah kami lalui, sekarang tinggal sesi fit and proper test. Kami tengah berkoordinasi dengan pemkot dan perguruan tinggi untuk melangsungkan sesi ini," ucap Bambang, Jumat (30/6/2017).

Ia menyebutkan dalam sesi ini para calon harus all out dan maksimal dalam menjawab pertanyaan dari penguji. Dimana para pengujinya akan melibatkan ahli dari perguruan tinggi, dari lembaga independen dan juga bawas.

"Di sini yang paling penting ntuuk mengetahui kelayakannnya. Akan dites apa yang akan mereka lakukan, komitmen dan juga kemampuannya dalam memimpin," ujar Bambang.

Sebab dikatakan Bambang tantangan ke depan bagi pemimpin PD Pasar Surya cukup berat. Banyak pekerjaan rumah yang menunggu untuk diselesaikan. Mulai masalah keuangan, masalah pasar tradisional dan juga revitalisasi pasar tradisional.

Dalam tahap sebelumnya, para calon sudah diajak untuk membuat makalah selepas terjun langsung meninjau sejumlah pasar. Dan semuanya dinilai memiliki kompetensi yang mumpuni.

"Setelah fit and proper test ini kami akan memilih enam orang. Tiga orang untuk calon direktur utama dan tiga orang direktur keuangan," kata Bambang.

Diharapkan yang dipilih nantinya terpilih bisa membuat PD Pasar lebih maju dibandingkan saat ini.

Sementara itu anggota DPRD Kota Surabaya dari Komisi B, Erwin Tjahjuadi menyebutkan selama dua tahun terakhir perusahaan daerah tersebut mendapatkan rapor merah.

"Direktur baru harus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang selama ini menghambat kemajuan PD Pasar. Pasar-pasar tradisional di Surabaya harus bisa seperti kota-kota lain. Agar warga nyamaan belanja di pasar tradisional," ucapnya.

Selain itu, menurutnya, saat ini pasar tradisional harus mampu bersaing dengan pasar modern. Mulai dari infrastruktur hingga penataan dalam pasarnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved