Citizen Reporter

Segarnya Es Lidah Buaya Gapura 5 Mergosono

lidah buaya banyak dikenal sebagai tanaman dengan khasiat untuk menyuburkan rambut .. tapi ketika disulap menjadi minuman unik dan menyegarkan.. wow!

Segarnya Es Lidah Buaya Gapura 5 Mergosono
istimewa
ilustrasi lidah buaya 

Reportase Riska Umami
Mahasiswa ProBis Universitas Negeri Malang

LIDAH BUAYA? Ya, tanaman lidah buaya ini ternyata bisa disulap menjadi minuman yang unik dan menyegarkan. Salah satu penyualnya bisa ditemukan di kawasan Mergosono, Malang.

Kedai es gapura 5, karena kebetulan kedai tersebut berada di samping gang (gapura) 5 Mergosono, Kota Malang. Didirikan oleh Karyo, asli Malang. Terinspirasi dari sebuah tayangan televise, Karyo kemudian mencari tahu lebih mendetail di internet dan mencoba membuat minuman sendiri dari daging lidah buaya.

Usaha ini mulai dirintis pada Juli 2015 itu sejatinya tak terlalu susah menyulap lidah buaya menjadi minuman yang menyegarkan.

Lidah buaya yang sudah disiangi dan dikupas kulitnya untuk diambil dagingnya lalu di potong kecil-kecil. Setelah itu dibilas, kemudian direndam dengan air jeruk nipis selama tiga jam. Lalu dibilas kembali sampai bersih dan direndam lagi dengan air garam.

Perendaman dilakukan untuk menghilangkan getah lidah buaya, setelah direndam, direbus dengan air mendidih selama tiga menit. Perebusan digunakan untuk menetralkan rasa asam dan asin. Setelah selesai baru lidah buaya bisa disantap dengan menambahkan gula, air, sirop, dan es.

Kendati kedai Es Gapura 5 tak hanya menjual es lidah buaya,  karena ada juga es campur, namun es lidah buaya tetap nomor satu. Setiap hari es lidah buaya licin tandas diserbu pembeli.

Harga yang dipatok cukup murah, Rp 6.000 per gelas di kedai yang buka mulai pukul 11.00 - 17.00 WIB.

Omong-omong ini dia manfaat lidah buaya, selain sebagai penambah energi, juga membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, detoks atau membuang racun.

Selamat menikmati kesegaran es lidah yang nikmat dan menyehatkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved