Lebaran 2017

Dua Hari Jelang Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Meningkat Tajam

Pertamina telah mengantisipasi pasokan BBM untuk masyarakat dan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

Dua Hari Jelang Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Meningkat Tajam
surya/sugiharto
Petugas SPBU Portable mengisi BBM di Tol Surabaya - Mojokerto 729 Km +600, Rabu (21/6/2017). Penyediaan SPBU Portable di jalan tol fungasional ini untuk melayani para pemudik yang melintas mengingat jalan tol tersebut tidak terdapat spbu permanen. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pertamina (Persero) Region V Jatim Balinus memprediksi puncak konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terjadi Jumat (23/6/2017).

Sejak Senin (19/6/2017) hingga Kamis (22/6/2017) telah terjadi peningkatan trend konsumsi BBM, meskipun demikian pasokan BBM dipastikan aman.

Area Manager Communication & Relation Pertamina Jatim Balinus, Heppy Wulansari di Surabaya, Jumat (23/6/2017) mengatakan peningkatan konsumsi BBM diperkirakan mulai terjadi pada H-10 dan memasuki puncak pada H-2 Lebaran.

“Pertamina telah mengantisipasi pasokan BBM untuk masyarakat dan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menjaga ketersediaan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi dengan baik,” ujarnya, Jumat (23/6/2017).

Lebih lanjut Heppy mengatakan ,realisasi BBM sampai dengan H-2 Lebaran , Pertamax mengalami kenaikan 14 persen di atas konsumsi normal dan Pertamina Dex naik 6 persen di atas konsumsi normal.

Meski ada kenaikan konsumsi, stok BBM dan elpiji berada dalam kondisi aman.

Langkah antisipasi juga telah disiapkan Pertamina dengan menyiapkan 'Kantong BBM' yaitu mobil tangki berisi BBM yang menyimpan stok BBM di SPBU.

Juga disiapkan BBK dalam kemasan yang dijual di KiosK dijalur mudik yang telah berlangsung sejak tanggal 19 juni hingga tanggal 2 Juli 2017.

Untuk pengguna LPG, selain peningkatan stok, dalam mengamankan pasokan elpiji, pihak Pertamina juga menginstruksikan kepada semua SPBE dan agen untuk meningkatkan buffer stok elpiji, menambah waktu pelayanan dan menunjuk beberapa Agen Satgas dan Pangkalan Siaga yang akan buka pada hari H lebaran.

Selain itu, sebagai antisipasi kemacetan, Pertamina MOR V juga menyiagakan SPPBE Kantong tersebar di wilayah Jawa Timur dan NTB.

“Kami juga memastikan stok LPG di SPBU yang menjual LPG sebagai antisipasi jika ada pangkalan yang tutup pada hari Lebaran karena mudik atau silaturahmi keluarga pengguna LPG bisa membeli di SPBU terdekat,” ujar Heppy.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved