Arus Mudik Lebaran 2017

Bandara Juanda mulai Dipadati Ribuan TKI Mudik, ini Rinciannya

"Malam ini kami perkirakan lebih banyak lagi TKI Landing," kata Yusman petugas pengawas TKI di T2 Bandara Juanda.

surya/nuraini faiq
MENUNGGU - Keluarga menunggu kedatangan TKI di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Selasa (20/6/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Ribuan TKI mulai mudik ke kampung halaman, Selasa (20/6/2017). Mereka mulai pagi tadi memadati terminal kedatangan di Bandara Juanda Surabaya.

Kepulangan mereka secara bergelombang. Bahkan mulai Senin kemarin sudah banyak TKI yang mudik dan tiba di Bandara Juanda.

"Malam ini kami perkirakan lebih banyak lagi TKI Landing," kata Yusman petugas pengawas TKI di T2 Bandara Juanda, Selasa (20/6/2017).

Yusman menuturkan kepadatan kedatangan penumpang di T2 memang meningkat sejak Senin kemarin.

Di penerbangan khusus Garuda dan intenasional di Bandara Juanda ini didominasi penerbangan internaisonal.

PT Angkasa Pura 1 Juanda menyebutkan ada peningkatan hingga 45 persen jumlah penumpang di terminal kedatangan internasional.

Sebagaimana terekam di Posko Arus Mudik bandara, jumlah kedatangan penerbangan internaisonal hari ini mencapai 4.042 penumpang.

"Kebanyakan tentu TKI yang hendak mudik," kata General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuwono.

Jumlah penumpang itu lebih banyak dibanding tahun lalu pada H-6 tadi. Tahun lalu kedatangan penumpang di penerbangan internasional sebanyak 2.780.

Begitu juga jumlah pesawat yang melayani penerbangan internasional juga meningkat. Kalau tahun lalu ada 14 pesawat, tahun ini di H-6 yang sama sebanyak 19 pesawat.

Sebaliknya untuk keberangkatan penerbangan internasional menurun. Pada H-6 ini ada 18 pesawat dengan membawa 2.144 penumpang.

Penerbangan domestik menurun untuk H-6. Namun jumlah pesawat meningkat dari tahun lalu 198 penerbangan, saat ini ada 200 penerbangan.

Meski jumlah penerbangan meningkat, namun jumlah penumpang menurun. Tahun lalu di periode yang sama ada 32.337 penumpang. Sedang tahun ini menurun menjadi 31.249 penumpang.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved