Mudik 2017

VIDEO - Ada Posko Penjagaan di Pintu-Pintu Keluar Tol

Arus mudik yang melintasi tol Jombang-Mojokerto bakal mendapat penjagaan dari polisi. Untuk polisi itu, sudah dibangun pos penjagaan.Begini kondisinya

SURYA.co.id | SURABAYA - Pos penjagaan di sebagian besar pintu keluar tol Jombang-Mojokerto Barat sudah dibangun.Pos-pos itu akan dijadikan tempat polisi memantau dan mengatur arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Salah satu pos pantau ada di gerbang tol Mojokerto Barat.

Aiptu Heri P, anggota Polsek Gedek, mengatakan, pos itu akan dipakai mulai Senin (19/6/2017). Dua hari lalu, ia sudah bertugas di sana untuk menyiapkan pelbagai kebutuhan di pos jaga sementara tersebut.

“Nantinya 18 personil akan berjaga di sini secara bergantian,” katanya, saat ditemui di pos pantau tersebut. Pemantauan, kata dia, akan dilakukan selama 24 jam selama musim padat kendaraan itu.

Berkaca pada kondisi di momen yang sama tahun lalu, Heri menyebut, kepadatan di pintu keluar tol di sana relatif rendah.

Kepadatan justru terjadi di jembatan yang lokasinya sekitar 500 meter dari titik keluar tol. Jembatan ini membentang di atas sungai Brantas. Di sana, lebar jalan lebih luas dari badan jembatan. Akibatnya, kendaraan harus mengatre untuk lewat.

Ukuran pos pantau relatif kecil, sekitar 5x10 meter persegi. Mayoritas bangunan terbuat dari kayu. Bangunan tersebut pun tak bisa dimanfaatkan sebagai rest area. Tempat parkir untuk kendaraan roda empat juga tak tersedia.

Pos pantau yang sama juga terlihat di beberapa titik pintu keluar tol lain. Yakni di dekat pintu keluar tol Joker di Jombang. Di dalam pos pantau yang saat itu kosong petugas, papan petunjuk pengalihan arus terpasang. Rekayasa lalu lintas untuk daerah sekitar bisa dilihat di papan informasi yang terpampang di sana.

Pos pantau semacam juga terlihat di pertigaan Mengkreng dan titik-titik lain. Kondisi di tiap pos terlihat mirip.

Berdasarkan Surat Perintah Nomor Sprin/734/VI/2017 Polres Jombang yang dipajang di papan pengumuman salah satu pos pantau, terjadiwalkan operasi pengamanan selama musim mudik-balik Lebaran dilaksanakan mulai 19 Juni – 4 Juli 2017.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved