Breaking News:

UK Petra Asuh 3 Perguruan Tinggi Surabaya Hingga oktober

UK Petra menjadi satu PTS swasta di Surabaya yang ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi Asuh. Bagaimana persiapan mereka?

ist
Ilustrasi kampus UK Petra. Kampus ini ditunjuk sebagai salah satu PTS di Surabaya yang membina akreditasi kampus lain. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Program Perguruan Tinggi (PT) Asuh yang didanai Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ditindaklanjuti Universitas Kristen Petra dengan serius.

Kampus swasta yang sudah terakreditasi A ini memilih mengasuh 3 PT Swasta, yaitu Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Dhyana Pura Bali dan Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang.

Prof Rolly Intan, rektor UK Petra mengungkapkan, pemilihan PT Asuh telah disesuaikan dengan Surat Dirjen Kelembagaan IPtek dan Dikti Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1209/L.L5/Ks/2016.

Dalam Surat itu dijelaskan, PTS yang dapat menerima asuhan adalah PTS yang berada pada kluster 3 dan 4 dengan sebagian besar program studinya terakreditasi C.

“Rangkaian kegiatan Hibah Program PT Unggul dimulai dengan Studi Banding PT Asuhan ke PT Unggul dan Lokakarya Manajemen Mutu PT. UK Petra bukan bertindak sebagai guru, akan tetapi rekan belajar bersama, karena banyak hal yang juga perlu diserap UK Petra dari semua PT Asuhan,” jelasnya ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Minggu (18/6/2017).

Kunjungan ini mengawali pemaparan manajemen hingga administrasi yang dilakukan UK Petra.

Baca: Dua PTS Unggulan di Surabaya Bina Akreditasi PTS lain

Menurutnya, secara umum, hal yang perlu dilakukan dalam manajemen pendidikan tinggi adalah penetapan Visi, Misi, dan Tujuan. Kemudian Perencanaan Strategis (target), Team Building, pmbentukan Sistem Formal dan Penyelarasan Sistem Formal dan Informal.

“Salah satu poin visi kami adalah Caring. Sebagai bagian dari komunitas pendidikan tinggi di Indonesia, kami menjalankan Caring ini dengan melayani PT Asuhan. Sesuai dengan intensi Kemenristekdikti untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi,”lanjutnya.

Setelah lokakarya di UK Petra berakhir, program ini akan dilanjutkan dengan dua sesi Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Pembuatan Dokumen Mutu Sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang dilaksanakan di masing-masing PT Asuh.

Seluruh rangkaian program ini direncanakan selesai pada bulan Oktober 2017.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved