Berita Politik

Tak Cuma ke Gus Sholah, Gerindra Sowan ke Kyai Lain Sebelum Ajukan Calon Gubernur

"Kami ingin bersungguh-sungguh untuk melahirkan pemimpin yang benar-benar sesuai dengan keinginan rakyat," ujar Sadad.

Tak Cuma ke Gus Sholah, Gerindra Sowan ke Kyai Lain Sebelum Ajukan Calon Gubernur
surya/bobby koloway
Suasana pertemuan DPD Gerindra Jatim dengan KH Sholahuddin Wahid, di ponpes Tebuireng Jombang, Minggu (18/6/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Jatim menegaskan komitmennya untuk kunjungan ke beberapa kiai Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim.

Tak hanya KH Sholahudin Wahid, Gerindra akan mengunjungi beberapa kiai lain.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, kunjungan ini merupakan upaya pihaknya untuk menemukan kandidat calon yang seusai dengan keinginan rakyat maupun tokoh masyarakat.

"Kami ingin bersungguh-sungguh untuk melahirkan pemimpin yang benar-benar sesuai dengan keinginan rakyat," ujar Sadad kepada Surya, Minggu (18/6/2017).

Meskipun pada awalnya para kiai sepuh NU telah mengeluarkan surat kepada PKB terkait sikap kiai pada pilkada mendatang, Gerindra menyebut bahwa surat tersebut tak mengisyaratkan nama salah satu calon.

"Yang perlu digarisbawahi dalam surat tersebut adalah keinginan warga NU untuk dipimpin oleh tokoh NU," jelas Sadad.

Sadad juga menuturkan, kedatangan DPD Gerindra Jatim ke kiai salah satunya juga untuk meminta kejelasan maksud surat tersebut. Sebab menurut kader NU tersebut, isi surat tersebut masih bersifat multitafsir.

"Sehingga kami sowan kepada kiai. Mengapa kami tak mengundang beliau-beliau ini saja? Karena ini merupakan bentuk tata krama kami kepada beliau-beliau," jelasnya.

Sekadar diketahui, hari ini (Minggu, 18/6/2017) DPD Partai Gerindra Jatim melakukan pertemuan dengan Gus Sholah di pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Kedatangan Gerindra dipimpin langsung oleh ketua DPD Gerindra Jatim, Soepriyatno.

Menurut Sadad, sosok Gus Sholah dapat mewakili figur ketokohan NU yang kuat.

Sebab, Gus Sholah merupakan tokoh nasional yang juga menjadi pengasuh ponpes dimana NU kali pertama berdiri di Indonesia.

"Beliau ini adalah tokoh NU sekaligus tokoh Nasionalis yang juga menjadi pengasuh ponpes yang berperan besar dalam lahirnya NU," jelas Sadad.

Pada pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Gus Sholah telah merekomendasikan Khofifah Indar Parawasa sebagai bakal calon gubernur yang akan diusung oleh partai Gerindra

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved