Berita Politik

Surat Inilah yang Akan Menjadi Patokan PPP untuk Mengusung Calon Gubernur

PPP masih akan meminta pertimbangan seluruh aspek internal maupun eksternal partai, di antaranya adalah masukan dari kiai Nahdlatul Ulama.

Surat Inilah yang Akan Menjadi Patokan PPP untuk Mengusung Calon Gubernur
Surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Ketua DPW PPP Jatim, Musyaffa Noer 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim tak akan tergesa dalam menentukan kandidat calon gubernur (cagub) yang akan didukungnya.

PPP masih akan meminta pertimbangan seluruh aspek internal maupun eksternal partai, di antaranya adalah masukan dari kiai Nahdlatul Ulama.

Berdasarkan penjelasan ketua DPW PPP Jatim, Musyaffa' Noer, sebagai partai yang juga dilahirkan dan dibesarkan oleh NU, sudah selaiknya ia meminta pertimbangan kiai NU.

Sama halnya yang dilakukan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim beberapa saat lalu.

"PPP maupun PKB sebenarnya sama-sama NU," ujar Musyafa kepada Surya, Mingu (18/6/2017).

Oleh karena itu, apabila PKB telah mendapatkan surat perintah rekomendasi kepada salah satu calon atas pertimbangan kiai NU, PPP pun berharap hal yang sama.

"Kami juga menunggu surat dari kiai sepuh, seperti halnya rekomendasi yang diterima saudara kami, PKB," lanjut Musyaffa'.

Sekadar diketahui, pada pertengahan Mei lalu, PKB memang telah mendapatkan surat dari kiai NU yang isinya berharap seluruh elemen NU bersatu pada pilkada mendatang.

Tak berhenti di situ, saat PKB menindaklanjuti surat tersebut dengan melakukan kunjungan ke beberapa kiai di Jatim, turun rekomendasi kiai untuk mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Musyaffa' pun melanjutkan, bahwa bentuk komunikasi dengan kiai NU memang bisa dilakukan tak hanya melalui surat. Namun, sekali lagi, pembicaraan tersebut belum menetukan arah dukungan.

"Kalau sowan maupun komunikasi lain dengan para kiai, kami jalankan terus. Namun, terkait pembicaraan formal soal arah dukungan itu belum ada. Kami akan menunggu surat dari kiai terlebih dahulu," pungkas pria yang juga menjadi Ketua fraksi PPP di DPRD Jatim ini.

Di sisi lain, ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar menghormati sikap PPP tersebut. Oleh karena itu, terkait dukungan calon, Halim akan menunggu hasil mekanisme partai berlambang Ka'bah tersebut.

"Sah-sah saja kalau mereka menunggu surat dari kiai NU. Kami menghormati mekanismenya," kata Halim.

Ia memilih untuk menindaklanjuti keinginan kiai sepuh dengan melakukan roadshow ke beberapa partai.

"Salah satu perintah kiai adalah adanya persatuan seluruh partai pada pilkada medatang. Kami menindaklanjuti keinginan kiai ini dengan menggalang dukungan kepada seluruh partai," ujar Halim yang juga ketua DPRD Jatim ini. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved