Dua PTS Unggulan di Surabaya Bina Akreditasi PTS lain

Masih banyak perguruan tinggi swasta di Jatim yang terakreditasi C. Kementerian pun menunjuk beberapa kampus untuk membina mereka agar naik akreditasi

Dua PTS Unggulan di Surabaya Bina Akreditasi PTS lain
ist
Ilustrasi kampus UK Petra. Kampus ini ditunjuk sebagai salah satu PTS di Surabaya yang membina akreditasi kampus lain. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Standar kualitas perguruan tinggi dinilai melalui hasil akreditasi yang diperolehnya.

Menurut data terakhir pada tahun 2016 dari Direktorat Jendral Pembelajaran Mahasiswa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), ada 4.468 perguruan tinggi (PT) di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, hanya 26 perguruan tinggi yang terakreditasi A, lalu 296 perguruan tinggi terakreditasi B, dan 690 perguruan tinggi terakreditasi C.

Sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII, Prof Ali Maksum menjelaskan, di wilayah kopertis VII terdapat 331 PTS. Dari jumlah tersebut didominasi PTS dengan akreditasi C.

“Yang akreditasinya B mungkin sekitar 20 persen, sedangkan yang akreditasinya A ada 5.  Dua diantaranya dipilih kemenristek sebagai Perguruan Tinggi pengasuh,”jelasnya ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Minggu (18/6/2017).

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas dan Universitas Kristen Petra yang dipilih sebagai PT unggul dengan akreditasi A sebagai PT pengasuh.

Dikatakannya, program langsung dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini mendanai PT pengasuh untuk membina 3 PTS lain dengan akreditasi C.

“Tidak ada batasan wilayah untuk membinanya, meskipun banyak PTS di wilayah kopertis VII yabg masih akreditasi C belum tentu mau diasuh. Jadi bebas memilih kampus dinluar kopertis VII,”lanjutnya.

Pemilihan kampus sebagai pengasuh ini telah dilakukan Mei lalu. Selain 2 PTS di Surabaya juga terdapat 24 perguruan tinggi lainnya. Termasuk Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved