Berita Probolinggo

Bekali Agama Sejak Dini, Ini Yang Dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo

kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak peserta didik agar menjadi insan-insan yang Qur'ani.

Bekali Agama Sejak Dini, Ini Yang Dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo
surya/galih lintartika

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar Lomba Tahfidz Qur'an di SMP Hati Billingual Boarding School (BBS) di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Jumat (8/6/2017) siang.

Lomba Tahfidz Qur'an ini diikuti perwakilan peserta didik PAUD/TK, SD dan SMP se-Kabupaten Probolinggo.

Rinciannya, 24 peserta PAUD, 24 peserta TK, 48 peserta SD putra dan putri serta 48 peserta SMP putra dan putri.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak peserta didik agar menjadi insan-insan yang Qur'ani.

“Tujuannya supaya nantinya menjadi hamba-hamba Allah yang beriman dan bertaqwa sehingga menjadi pemimpin yang memiliki kompetensi dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin sulit,” katanya.

Dewi menyampaikan, semua peserta adalah juara. Namun dipilih juara terbaik hanya untuk motivasi agar yang menjadi juara bisa semakin termotivasi untuk meningkatkan pemahamannya tentang Al-Qur'an.

“Perlu diketahui ibu juga masih belajar dan mendatangkan ustadz dan ustadzah. Tidak boleh berhenti belajar dan belajar karena belajar tidak mengenal batas usia. Kita harus terus belajar,” jelasnya.

Terpisah,Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Solikin mengungkapkan bahwa lomba Tahfidz Qur'an ini bertujuan untuk mengenalkan Al-Qur'an sejak dini serta memasyarakatkan Al-Qur'an di dunia pendidikan non pesantren. “Serta membentuk generasi Qur'ani,” katanya.

Untuk diketahui, ada beberapa kegiatan lain yang juga dilakukan Dispendik Kabupaten Probolinggo selama ramadan ini.

Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Leces menggelar tadarus bersama yang diikuti oleh kepala sekolah, guru dan siswa se-Kecamatan Leces.

Tadarus bersama ini dilaksanakan mulai 30 Mei hingga 22 Juni mendatang. Tadarus bersama guru dan siswa se-Kecamatan Leces ini diikuti oleh 33 lembaga SD negeri dan swasta mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Setiap hari rata-rata bisa menyelesaikan 2 juz dengan peserta tadarus 5 hingga 7 orang per lembaga.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved