Berita Politik

Gerindra Jatim Persiapkan Pengganti M Basuki, Sejumlah Nama ini Kemungkinan Penggantinya

"Prosedurnya telah dimulai. Kami harap, secepatnya kami dapat menemukan penggantinya," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad.

Gerindra Jatim Persiapkan Pengganti M Basuki, Sejumlah Nama ini Kemungkinan Penggantinya
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Sekretaris DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penetapan tersangka suap kader Gerindra, M Basuki, dari SKPD Pemrov Jatim membuat DPD Gerindra melakukan langkah cepat sebagai langkah tindak lanjut.

Rencananya, Gerindra segera melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Basuki yang kini telah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Prosedurnya telah dimulai. Kami harap, secepatnya kami dapat menemukan penggantinya," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad kepada Surya.co.id, Kamis (8/6/2017).

Basuki adalah anggota DPRD Jatim dari dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo). Berdasarkan perolehan suara, Basuki menempati urutan ketujuh dari 12 anggota DPRD di dapil jatim I yang lolos dengan perolehan 30.803 suara.

Sedangkan di internal Gerindra, Basuki menempati urutan pertama perolehan suara untuk dapil yang sama. Perolehan suaranya mengungguli Benjamin K yang memperoleh 30.157 suara. Benjamin juga mendapat satu kursi dewan.

Kemungkinan besar, kursi pengganti Basuki akan diperuntukan kepada Yayuk Puji Rahayu. Sebab, berdasar perolehan suara, Yayuk berada di bawah dua politisi gerindra sebelumnya. Yayuk juga merupakan ketua organisasi sayap Partai Gerindra, Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) kota Surabaya.

Bukan hanya skoal PAW, Gerindra rencananya juga akan mengganti ketua Komisi B DPRD Jatim, yang sebelumnya dijabat oleh Basuki. Khusus untuk jabatan tersebut, Gerindra akan memilih satu di antara 12 anggota fraksi Gerindra di DPRD Jatim.

"Sedang dirapatkan. Kemudian, akan kami usulkan kepada instansi yang bersangkutan," kata Sadad.

Selain Basuki, Gerindra menempatkan politisi Firdaus Febrianto dan Noer Soetjipto di komisi yang menangani urusan perekonomian tersebut. Keduanya berpotensi besar menggantikan jabatan basuki sebelumnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved