Berita Surabaya

Lift JPO Basuki Rahmat Surabaya, Bisa Otomatis Keluarkan Air saat Banjir, Begini Tampilannya

Mulai pekan depan warga Surabaya akan mulai bisa memanfaatkan fasilitas umum berupa lift di JPO Jalan Basuki Rahmat.

Lift JPO Basuki Rahmat Surabaya, Bisa Otomatis Keluarkan Air saat Banjir, Begini Tampilannya
surya/fatimatuz zahroh
Lift di JPO Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Rabu (31/5/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mulai pekan depan warga Surabaya akan mulai bisa memanfaatkan fasilitas umum berupa lift di jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di Jalan Basuki Rahmat. Tepatnya di depan KFC dan Ranch Market.

Tepat di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke 724, lift yang baru dibangun tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya bersama PT Warna Warni, Rabu (31/5/2017).

Direktur PT Warna Warni Teng Junaidi Gunawan mengatakan lift ini akhirnya rampung dengan proses pembangunan selama empat bulan.

Sengaja dipercepat supaya bisa menjadi kado HJKS Ke 724 yang jatuh tepat pada hari ini.

"Pembangunan lift di JPO ini adalah arahan Bu Risma langsung. Saat itu, kami sebagai penyewa JPO ditanya Bu Risma, apa bisa kalau JPO dilengkapi dengan lift supaya memudahkan warga Surabaya yang disabilitas," ulas Gunawan.

Lantaran dianggap semangat yang baik, maka PT Warna Warni sebagai penyewa JPO selama lebih dari 40 tahun ini langsung menyanggupi.

Lebih lanjut disampaikan Gunawan, membangun lift di JPO khususnya di Surabaya memiliki kesulitan khusus. Salah satunya adalah jika terjadi banjir.

Oleh sebab itu, khusus di JPO Jalan Basuki Rahmat ini liftnya dilengkapi dengan fitur khusus. Salah satunya elektrikalnya lebih tinggi dibandingkan permukaan tanah.

"Membangun lift untuk fasilitas umum ternyata tidak mudah. Kita mengusahakan yang terbaik, kalau ada banjir maka kami memastikan lift ini aman, dia akan langsung mengeluarkan air jika ada air banjir yang masuk," tandas Gunawan.

Agar meminimalisir tindakan kriminalitas di JPO, maka lift ini juga dibuat kaca transparan. Sehingga jika ada yang naik pun terlihat dari luar.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved