VIDEO - Beginilah Cara Gas LPG dari Tabung Bersubsidi Dioplos ke Tabung Nonsubsidi

Praktik mengoplos gas dari tabung LPG 3 kg ke tabung elpiji nonsubsidi yang berlangsung di Gresik, ternyata tidak sulit dilakukan. Begini modusnya...

SURYA.co.id | GRESIK - Polisi telah membongkar praktik pengoplosan gas dari tabung LPG 3 kg bersubsidi ke tabung LPG 12 kg nonsubsidi di dua gudang di Gresik, Rabu (24/5/2017).

Praktik itu sendiri ternyata tidak sulit dilakukan selama pelaku memiliki peralatan yang dibutuhkan, yaitu selang regulator dan bantalan balok kayu.  

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengungkapkan, dalam menjalankan kegiatan ilegal ini, pelaku yang merupakan distributor LPG 3 kg, mengambil pesanan dari 2 agen resmi, PT Satria Birawa dan SPBE di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. 

Begitu tabung-tabung 3 kg itu tiba di dalam gudang, gas-gas di dalam tabung langsung dipindahkan ke tabung ukuran 12 kg dan 50 kg dengan menggunakan selang regulator. 

Setiap hari, jumlah tabung 3 kg yang dikuras isinya lalu dipindahkan ke tabung nonsubsidi, diperkirakan mencapai 4.000 hingga 5.000 tabung. 

"Bayangkan, LPG bersubsidi yang seharusnya menjadi hak masyarakat disalahgunakan dengan dioplos ke tabung LPG non subsidi. Kemudian dijual dengan harga standar ke masyarakat. Yang dirugikan masyarakat," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved