Berita Surabaya

Pengurus IKA UNS Jatim Dilantik, Bertekad Bantu Peningkatan UMKM dan Pendidikan

Pengurus baru Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) wilayah Jatim resmi dilantik

surya/bobby kolloway
Pengurus baru Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) wilayah Jatim resmi dilantik, Minggu (22/5/2017) di Hotel JW Marriott, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengurus baru Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) wilayah Jatim resmi dilantik, Minggu (22/5/2017).

Dengan dimulainya kepengurusan baru di bawah pimpinan Jumadi, IKA UNS Jatim bertekad memberikan kontribusi dalam hal pendidikan, UMKM, hingga beberapa bidang lain kepada Jawa Timur.

Berlangsung di hotel JW Marriot, Surabaya, acara pelantikan tersebut bukan hanya dihadiri seluruh pengurus IKA UNS Jatim, namun juga IKA UNS Pusat, Budi Harto.

Selain itu, Gubernur Jatim, Soekarwo juga menyempatkan hadir.

Pada sambutannya, Budi mengatakan pentingnya peran IKA UNS yang memiliki tiga tugas utama.

Pertama, sebagai jembatan antar alumni. Kedua, sebagai penghubung antara aspek eksternal dengan univeritas.

Serta yang ketiga sebagai media sharing untuk memberi masukan membangun kepada universitas.

"Banyak yang menganggap bahwa peran organisasi alumni hanya menkjadi tempat untuk temu kangen antar alumni. Namun, IKA UNS harus mengesampingkan hal itu. Kita harus mampu membeeri kontribusi nyata, baik terhadap kampus maupun dunia luar, dalam hal ini kepada Jatim," ujar Budi yang juga menjabat Direktur Utama PT Adhi Karya ini.

Senada dengan Budi, ketua IKA UNS Jatim, Jumadi mengatakan secara spesifik akan berusaha menyinkronkan program pihaknya dengan universitas hingga pemrov.

Terutama dalam meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) hingga pendidikan.

Di sektor UMKM, pihak IKA UNS Jatim telah memberikan program charity berapa bantuan yang mencapai Rp75 juta per-UMKM.

"Sesuai dengan arahan bapak gubernur, bahwa kita memang harus merangkul kalangan bawah," kata Jumadi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menjembatani pihak fakultas dengan program jurusan di SMK se-Jatim dalam mengembangkan pendidikan jurusan.

"Misalnya, untuk jurusan teknik, kami akan menggandeng fakultas teknik. Ada jurusan untuk meningkatkan keahliannya mesin dan teknik bangunan dan sebagainya," kata Jumadi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved