VIDEO - Mahasiswa Surabaya ini Ciptakan Antibiotik dari Ranting Buah Manggis

Manggis selama ini dikenal bermanfaat untuk kesehatan, terlebih kulitnya. Tetapi, mahasiswa ini mengungkap bahwa ranting manggis juga bermanfaat.

VIDEO - Mahasiswa Surabaya ini Ciptakan Antibiotik dari Ranting Buah Manggis
surabaya.tribunnews.com/Pipit Maulidiya
Temuan mahasiswa UKWMS mengungkap bahwa ranting pohon manggis dapat dijadikan antibiotik. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Agnestasia Widia Kurniawati, mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) membuat inovasi dari ranting pohon manggis.

Salah satu wisudawan terbaik UKWMS ini awalnya penasaran dengan ranting pohon manggis.

"Selama ini kan hanya kulit buah manggis yang dimanfaatkan. Terus aku baca-baca artikel, coba penelitian ternyata bisa digunakan untuk antibiotik. Jika diproses dengan baik," katanya, Selasa (9/5/2017).

Agnes menerangkan, proses pembuatan antibiotik diawali dengan pemotongan ranting manggis. Ranting itu kemudian disterilkan menggunakan hipoklorit dan etanol, lalu ditanam pada media. Ini bertujuan untuk menumbuhkan fungi (jamur).

Fungi kemudian difermentasi selama seminggu. Lalu melalui fraksinasi dan dikeringkan dengan penguapan selama satu minggu.

Fraksinasi merupakan proses pemisahan komponen atau senyawa berdasarkan sifat kepolaran suatu bahan.

"Pada penelitian ini fungi yang tumbuh tiap harinya dicek dan diisolasi guna melihat berapa macam fungi yang tumbuh. Proses ini berlangsung terus menerus hingga mendapatkan fungi murni," terangnya.

Agnes mengaku menemukan senyawa aktif sebagai aktivitas antibakteri adalah alkaloid dan terpenoid. Dirinya juga menuturkan apabila diteliti lebih lanjut fraksi yang ia hasilkan itu, bisa digunakan sebagai antibiotik.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved