Berita Kediri

VIDEO - Ratusan Sumur Ambles, Wagub Jatim Janji Bantu Sebanyak ini

Wagub Jatim, Gus Ipul, berjanji memberi bantuan untuk warga Kecamatan Puncu, Kediri, yang sumurnya raib ditelan bumi.

SURYA.co.id | KEDIRI - Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, melihat kondisi sumur warga yang ambles dan airnya keruh di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Selasa (2/5/2017).

Pada kesempatan itu Gus Ipul juga menjanjikan bakal memberikan bantuan tanah uruk serta pembuatan sumur baru bagi warga yang sumurnya telah terdampak.

"Nanti bantuannya sedang kita diskusikan berapa keperluan untuk membangun sumur baru. Ketemunya antara Rp 4 - Rp 5 juta," ungkap Gus Ipul usai melihat kondisi sumur terdampak di Dusun Nanas.

Untuk membangun sumur baru sedang disiapkan konstruksi sumur yang paling tepat.

"Nanti Pemerintah Provinsi dan Kabupaten akan mencoba memberikan bantuan yang diperlukan," jelasnya.

Sementara sebelum ada sumur, warga yang sumurnya ambles dan keruh telah dipasok bantuan air bersih setiap hari sebanyak 4 - 6 tangki.

"Masalah ini menjadi perhatian pemerintah. Sehingga prioritas kami menyiapkan air bersih seperti sedia kala," tambahnya.

Selain itu, bagi sumur warga yang telah ambles sedang dipikirkan memberikan bantuan tanah untuk pengurukan.

"Nanti juga disiapkan pompa air. Pak Camat yang mendata dan memastikan kebutuhannya," jelasnya.

Setelah ada laporannya nanti bantuan untuk warga sudah dapat direalisasikan menggunakan dana kedaruratan.

"Masalahnya sekarang bagi warga soal air bersih saja," tambahnya.

Gus Ipul juga menjelaskan, penyebab amblesnya ratusan sumur warga sangat terkait dengan struktur tanah yang ada di Desa Manggis. Itupun hanya terjadi pada daerah tertentu saja.

"Dari penjelasan Dinas ESDM Jatim kejadian ini baru terjadi di daerah Kabupaten Kediri. Di daerah belum dilaporkan," jelasnya.

Sementara secara umum kondisi masyarakat masih aman. Namun warga diminta untuk tidak mendekat ke lokasi sumur yang ambles sehingga di setiap sumur amles telah dipasang garis polisi.

Pada kesempatan itu Gus Ipul melihat dari dekat lokasi sumur yang telah ambles dan sumur yang airnya telah keruh. Setiap sumur yang bermasalah telah dipasang police line.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved