Breaking News:

Bisnis

Semangat Cucu Pendiri Untuk Kembangkan Viva Cosmetics

Yusuf Wiharta, bos PT Vitapharm bercerita banyak soal sejarah perusahaan kosmetik asli Surabaya yang kini dikelolanya.

surabaya.tribunnews.com/Sri Handi Lestari
Yusuf Wiharsa, Direktur Distribusi Indonesia Timur PT Vitapharms (tengah) saat berada di both Viva Cosmetics di mal Tunjungan Plaza, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di tengah perayaan menyambut ulang tahun kota Surabaya, Yusuf Wiharta, teringat akan ulang tahun perusahaan kosmetik yang kini sedang dipegangnya. PT Vitapharm.

Perusahaan itu diwariskan oleh almarhum Masmuin Kuntjoro, juga sudah berusia 55 tahun di tahun 2017 ini.

"Dulunya kakek punya pabrik farmasi di Jl Karet dengan nama PT General Indonesian Producting Center pada April 1962. Kemudian tahun 1964 ganti nama PT Paberik Pharmasi Vita. Tahun 1973 pindah ke Jl Panjang Jiwo, dan mulai 1998 menggunakan nama PT Vitapharms," cerita Yusuf, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Distribusi Indonesia Timur PT Vitapharms, saat ditemui di sela kegiatan pembukaan Surabaya Fashion Parade di Tunjungan Plaza, Rabu (3/5/2017).

Menjadi pemegang tongkat estafet usaha sang kakek, membuat Yusuf harus bisa mengikuti trend dan jaman dalam memasarkan produk kosmetik.

Apalagi dengan mengusung semboyan kebanggaan sebagai produk asli Indonesia, tepatnya Surabaya, Yusuf harus mencari strategi khusus. Ditambah persaingan yang ketat dengan brand kosmetik baik dalam negeri, maupun luar negeri.

"Latar belakang pendidikan saya bukan dari farmasi. Saya sejak kecil sudah sekolah asrama di Kanada. Saat kuliah juga di bidang ekonomi. Jadi saya tahunya jualan saja," lanjut Yusuf.

Strategi penjualan yang dilakukan Yusuf adalah agresif dalam menyasar pasar domestik. Antara lain dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kecantikan. Seperti Surabaya Fashion Parade, Exotica Kebaya, dan Pekan Kartini. Pihaknya juga menggelar banyak kegiatan yang mendapat anugerah rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) di berbagai kota dan acara.

"Juga seperti malam ini, sekitar 500 model yang tampil, semua pakai produk Viva. Kami berusaha mengikuti dan sharing dengan desainer dan make up artist dalam hal kegiatan yang memerlukan make up decoratif," ungkap Yusuf.

Viva Cosmetics juga sudah memiliki produk yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan body painting. Semua kebutuhan kosmetik mulai untuk dekoratif, body treatment hingga body care, mulai disediakan Yusuf.

"Saya juga ikuti trend. Bila pasar kosmetik ada butter cream, Viva juga luncurkan produk ini. Tanpa meninggalkan produk lama kami, yang sudah memiliki pasar. Seperti pensil alis, bedak tabur, dan lainnya," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved