Grahadi

Press Release

Pemprov Jatim Bantu Bangun Kembali Sumur Warga di Kediri yang Raib Ditelan Bumi.

Wakil Gubernur Jatim berjanji bahwa Pemprov Jatimakan membantu warga di Kecamatan Puncu, Kediri, yang sumurnya ambles ditelan bumi. Begini katanya...

Pemprov Jatim Bantu Bangun Kembali Sumur Warga di Kediri yang Raib Ditelan Bumi.
ist/humas pemprov jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul (bertopi putih) saat meninjau salah satu lokasi sumur yang ambles di Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Selasa (2/5/2017). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pemprov Jatim menyiapkan anggaran pembangunan kembali sumur-sumur warga di Kecamatan Puncu, Kediri, yang ambles.

Pembangunan kembali itu akan dilakukan dengan cara menutup kembali tanah yg ambles di sekitar sumur, kemudian digali kembali dengan menggunakan Bor hingga kedalaman 25 meter.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat meninjau sumur ambles di Dusun Nanas, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kediri, Selasa (2/5/2017).

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini mengatakan bakal membantu masyarakat yangg tidak mampu yang turut kehilangan sumurnya. Tujuannya, tentu saja agar masyarakat tersebut kembali mendapatkan akses air bersih.

"Perencanaanya akan disusun bersama camat kepala desa dan Pemerintah Kabupaten, termasuk didalamnya ada anggaran biayanya," kata Gus Ipul

Dalam jangka pendek, lanjut Gus Ipul, pemerintah akan mencukupi kebutuhan air bersih sebanyak 6 mobil tangki untuk warga. Pasokan ini berasal dari pemerintah maupun swasta.

Secara umum, kondisi amblesnya sumur masih aman untuk warga. Meskipun di daerah yang ambles sekitar sumur, warga tidak boleh mendekat karena dikhawatirkan terjadi ambles susulan.

"Kita bisa lihat, sumur yang ambles diberi garis polisi agar tidak ada yang melewati dan mendekat. Ambles disebabkan kondisi tanah bergerak karena curah hujan cukup tinggi," ujarnya.

Kepala Desa Manggis Mujiran mengatakan, bahwa jumlah sumur di desa manggis yang terbagi di 5 dusun, yakni dsn Nanas, Jambean, Dorok, Manggis dan Ringinbagus.

Dari 5 dusun terdapat sebanyak 1.198 sumur. Dari jumlah tersebut terdapat 957 sumur yang berkondisi normal dan 110 sumur keruh. Sedangkan jumlah sumur yang ambles sejauh ini sudah mencapai 131 sumur.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved