Citizen Reporter

Agar Siswa Lolos Ujian Akhir Sekolah, Lakukan Trik Ini

gampang-gampang susah menjadi pengawas ujian akhir sekolah .. dan inilah trik agar siswa lolos ujian akhir sekolah ...

Agar Siswa Lolos Ujian Akhir Sekolah, Lakukan Trik Ini
pixabay
ilustrasi 

Reportase Eki Tirtana Zamzani
Guru MI Darul Huda Kota Mojokerto

SELAMA tiga hari (27-29/4/2017) Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kota Mojokerto serempak melaksanakan ujian akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) yang diadakan oleh Kementerian Agama.

Mata Pelajaran yang diujikan adalah Al Quran Hadits, akidah akhlak, bahasa Arab, fiqih, dan SKI. Kebetulan penulis menjadi pengawas di MI Nurul Huda 2 di Jl Raya Surodinawan Kota Mojokerto.

Para pengawas diterima dengan baik oleh Mishabul Umam, Kepala MI Nurul Huda 2. “Murid-murid MI NH2 ini anggap saja seperti murid bapak dan ibu sendiri, sehingga nantinya akan muncul rasa kasih dan sayang kepada mereka semua,” harapnya.

12 Pengawas menjaga enam ruangan dengan sistem rolling. Pada setiap ruangan akan dijaga dua pengawas. Ujian dilaksanakan sehari dua mata pelajaran (mapel). Mapel pertama dimulai dari pukul 08.00 – 09.30 WIB. Kemudian mapel kedua dari pukul 10.00–11.30 WIB.

Ketika pengawas akan memasuki ruangan ujian, para siswa berbaris rapi terlebih dahulu sesuai komando dari pemimpin barisannya masing-masing. Kemudian mereka berdoa bersama. lalu bersalaman satu per satu dengan pengawas sebelum memasuki ruangan ujian.

Satu kelas biasanya berisi dua puluh peserta ujian. Pengawas membuka lembar soal ujian dan LJK di dalam dua amplop berbeda yang masing-masing masih tersegel. Tugas pengawas antara lain menulis berita acara ujian dan menulis nama-nama peserta ujian sebagai daftar hadir.

Selain itu, pengawas juga boleh memberikan tip yang bermanfaat kepada peserta ujian.

Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa diberikan :

Pertama, siapkanlah alas LJK, pensil 2b, penggaris, dan penghapus dari rumah. Pensil yang digunakan sebaiknya mengunakan pensil 2b yang asli lalu diruncingkan agar terlihat jelas dalam pengisiannya.

Kedua, dalam mengerjakan soal sebaiknya jawaban di silang terlebih dahulu pada lembar soal. Waktu pengisian di LJK adalah 30 menit sebelum ujian selesai. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menghapus jawaban yang masih ragu.

Pengawas akan melihat identitas diri peserta pada LJK. Bila ada yang tidak sesuai antara nama peserta di LJK dengan nama di kartu peserta, maka pengawas akan melaporkannya kepada panitia ujian.

Tindak lanjutnya adalah panitia akan mencocokkan dengan akte kelahiran siswa. Apabila terjadi ketidakcocokan antara nama di akte kelahiran dengan nama di ijazah, hal ini akan menyulitkan proses pendaftaran anak untuk bersekolah di tingkat SMP.

Selama tiga hari, pengawas diperlakukan dengan sangat baik. Mulai dari penjamuan tamu hingga akomodasi. Pada acara perpisahan, pengawas mendapat kejutan pemberian sertifikat penghargaan.

Dalam sertifikat terpampang foto pengawas dan tulisan yang berisi ucapan terima kasih telah ikut berpartisipasi dalam mengawasi UAMBD tahun pelajaran 2016/2017.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved