Sambang Kampung

Rungkut Kidul Bangun Kolam Ikan di Selokan agar Warga Terdorong Jaga Lingkungan

Kreativitas warga membangun kolam ikan di tempat yang semula selokan dipelopori oleh LPMK setempat. Tujuannya sungguh mulia....

Rungkut Kidul Bangun Kolam Ikan di Selokan agar Warga Terdorong Jaga Lingkungan
surabaya.tribunnews.com/Habibur Rohman
Kolam ikan yang dibangun warga Rungkut Kidul di selokan mati. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Rungkut Kidul merupakan inisiator pembuatan kolam ikan untuk warga. Inisiatif tersebut sebagai upaya warga ikut menjaga lingkungan.

Seksi Pembangunan, Lingkungan dan Kebersihan LPMK, Kusaini mengungkapkan, upaya itu untuk memperbaiki kondisi lingkungan. Selokan yang sudah teraliri air itu mendorong warga membuang sampah di sana.

“Kebetulan, saya tahun ini jadi anggota LPMK. Sesuai tugas, saya mengajukan untuk mengelola got itu,” terang Kusaini.

Ia berharap, berubahnya selokan menjadi kolam ikan dapat membangkitkan rasa memiliki pada warga. Ia pun menargetkan bisa mengubah kebiasaan warga mau menjaga lingkungan.

“Saat ini saya dibantu warga sekitar untuk perawatan (kolam), bahkan anak-anak sering main kalau sore di sana karena sekarang sudah bersih,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warga yang tinggal di depan area kolam ikan, Suparni (45) mengaku cukup antusias melihat perubahan di kampungnya. Meskipun masih belum cukup lama, namun selokannya sudah bersih dan ada budi daya ikan.

“Jadi ikut bersih-bersih, nyapu halaman. Karena banyak yang main ke sini buat lihat, bukan buat buang sampah sembarangan,” bebernya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved