Berita Gresik

Bertekad Gresik Juara Nasional Lomba PHBS, Langkah ini Dilakukan Bupati Sambari

“Lomba ini adalah sarana saja. Yang penting adalah budaya masayarakat yang selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat” ujar Sambari.

Bertekad Gresik Juara Nasional Lomba PHBS, Langkah ini Dilakukan Bupati Sambari
surya/mohammad Romadoni
Bupati Gresik Dr H Sambari Halim Radianto memberikan pengarahan kepada masyarakat di Desa Sambogunung Kecamatan Dukun, Selasa (25/4/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Bupati Gresik, Dr. H Sambari Halim Radianto turun tangan langsung mengecek persiapan masyarakat Desa Sambogunung Kecamatan Dukun yang akan dinilai oleh juri lomba Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Tingkat Nasional, Selasa (25/42017).

Sebagai orang nomer satu di Kota Pudak, Sambari paham betul bagaimana dampak dari lomba ini saat Desa Sambogunung terpilih mewakili Provinsi Jawa Timur maju ke tingkat nasional.

Pihaknnya menyakini masyarakat agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat akan membawa perubahan yang sangat luar biasa di lingkungan desa tempat tinggalnya.

“Lomba ini adalah sarana saja. Yang penting adalah budaya masayarakat yang selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat” ujar Sambari dihadapan ibu-ibu PKK setempat.

Menurut dia, sebagai pemerintah pihaknya sangat mengapresiasi keinginan hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat sudah mulai tumbuh. Buktinya, terlihat lingkungan desa disini tampak lebih bersih. Dan Tanaman sayur mayur semakin banyak.

“Indikasinya sudah saya lihat sendiri. Di depan setiap rumah sudah menyiapkan tempat cuci tangan tangan dan kaki dengan disiapkan sabun. Asbak juga disiapkan diluar ruangan. Hal ini menandakan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sudah makin tinggi,”ungkapnya.

Kepala Bagian Humas dan protokol Pemkab Gresik Suyono, menambahkan pola hidup sehat diterapkan nyata oleh masyarakat di setempat terbukti mereka sepakat untuk menerapkan lingkungan bebas dari asap rokok.

“Untuk yang merokok pihak desa sudah menyiapkan smoking area di gazebo di lingkungan sekitar. Bahkan saat ada orang bertamu ke rumah warga yang merokok hanya diperkenankan untuk merokok di luar rumah,” imbuh Suyono.

Suyono menjelaskan budaya anti rokok ini juga ditindaklanjuti oleh Kades setempat untuk membuat kebijakan membuat aturan larangan merokok di tempat umum.

“Kepala desa Sambugunung juga menerbitkan Perdes anti rokok. Ketika disosialisasikan para anggota BPD, Ketua RW dan Ketua RT banyak yang setuju. Jadilah hal itu semacam aturan khusus di desa setempat yang sangsinya disesuaikan kesepakatan masyarakat setempat,” ucapnya.

Ditambahkannya, semua yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Sambogunung Kecamatan Dukun telah mendapat apresiasi dari pemerintah kabupaten Gresik dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Saat ini masyarakat bersiap untuk menyambut juri PHBS tingkat Nasional. Bagi mereka harapan untuk menang sangat besar,” pungkasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved