Berita Surabaya

Lindungi Tenaga Laboratorium Medis, ini yang Dilakukan Patelki!

Selama ini uji kompetensi hanya dilakukan tingkat wilayah, sehingga standar antar wilayah berbeda.

Lindungi Tenaga Laboratorium Medis, ini yang Dilakukan Patelki!
surya/sulvi sofiana
Ketua Umum Patelki, Entuy Kurniawan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (patelki) targetkan Uji Kompetensi Nasional.

Selama ini uji kompetensi hanya dilakukan tingkat wilayah, sehingga standar antar wilayah berbeda.

Ketua Umum Patelki, Entuy Kurniawan menjelaskan uji kompetensi secara nasional diperlukan sebelum merambah ke tingkat ASEAN.

Ia mentargetkan pada September 2017 akan dilakukan sertifikasi bagi lulusan baru D3 ataupun D4 tenaga laboratorium klinis dan medis.

“Penguatan kompetensi ini sejalan dengan upaya kami mengenalkan profesi Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dalam Pekan TLM 2017,”jelas pegawai Kementerian Kesehatan ini pada SURYA.co.id usai jalan sehat bersama 6.000 peserta puncak Pekan TLM 2017 di lapangan parkir Plasa Surabaya, Minggu (23/4/2017).

Dikatakannya, Patelki sebagai organisasi melakukan tahap uji kompetensi ini untuk melindungi tenaga laboratorium medis di Indonesia.

Apalagi, era global akan memudahkan tenaga asing masuk ke Indonesia.

“Di Indonesia 34 DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan 405 DPC (Dewan Pimpinan Cabang), anggotanya mencapai 50.000 an. Dua sampai 3 tahun lagi kami akan ikutkan uji kompetensi tingkat ASEAN,”ungkapnya.

Ketua DPW Patelki Jatim, Suhardi menambahkan meningkatnya jumlah masyarakat yang memahami Patelki membuat lulusan tenaga laboratorium medis meningkat.

Berdasarkan data DPW Palteki Jatim setiap tahun terdapat peningkatan anggota baru Palteki hingga 20 persen, anggota baru tersebut merupakan lulusan baru.

Targetnya sekitar 900 lulusan D3 atau D4 yang bekerja di dalam pelayanan laboratoroum atau klinik di Jatim harus mengikuti Uji Kompetensi September mendatang.

“Kali ini uji kompetensi di laksanakan secata nasional, ada tim pembuat soal dari dosen-dosen yang linier,”tegasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved