Citizen Reporter

Mengintip Gaya Literasi Kartini

seabad lebih Kartini sudah mengenalkan literasi bagi kaum perempuan Indonesia.. seyogianya merayakan Kartini dengan berliterasi bukan sekadar seremoni

pixabay
ilustrasi 

Reportase Erfin Walida Rahmania
Guru SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

JIKA mayoritas pahlawan lain dikenang lantaran keberaniannya menumpas penjajah, Kartini dikenang justru karena kemampuan literasinya. Maka, seyogianya bangsa Indonesia mengenang Kartini dengan semarak literasi.

Itulah yang dilakukan tim perpustakaan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dengan mengadakan lomba gerakan literasi merayakan hari Kartini. Lewat tema Berliterasi untuk Kreasi dan Imajinasi lomba diadakan di hall Maspion Square, Jl A Yani, Surabaya, Minggu (15/4/2017) lalu.

Lomba menulis cerpen, mendongeng, dan mewarnai sukses melibatkan ratusan anak yang berjajar rapi membentangkan meja mungilnya di depan panggung dan mulai menggoreskan krayon-krayon warna pada kertas gambar mereka.

Di belakangnya, peserta penulisan cerpen terlihat serius menyusun cerita dan bergelut dengan imajinasi mereka. Tak kalah menarik, di atas panggung, satu per satu peserta melantunkan dongeng dengan percaya diri. Mereka mengusung cerita Nusantara, seperti kisah Malin Kundang, Bawang Putih Bawang Merah, dan Asal Usul Kota Surabaya.

”Imajinasi lebih hebat dari pengetahuan. Jadilah anak yang punya imajinasi kuat sehingga bisa berkarya dan menjadi orang hebat,” kata Edy Susanto, Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang, menyuntikkan spirit dan motivasi.

Perkataan itu pun diamini oleh pengurus perpustakaan SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Nurul Hidayat. ”Kegiatan ini diadakan guna menampung bakat dan kreativitas anak, khususnya di bidang literasi,” ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan tiga tahun gerakan literasi Surabaya yang diperingati tepat di Hari Kartini, 21 April ini. Dengan progres gerakan literasi yang semakin membanggakan, tentu Surabaya tidak hanya dikenang sebagai Kota Pahlawan, tapi juga pelopor kota literasi, sebagaimana yang digadang-gadang pemerintah Kota Surabaya.

Sumber: Surya Cetak
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved