Sambang Kampung

Dikepung Jalan Raya, Penghuni Kampung Bundaran Dolog Kesulitan Akses Keluar Kampung

Bagi penghuni Kampung Dolog, keluar masuk kampung bukan hal yang mudah karena kawasan tinggal mereka dikepung jalan raya yang sibuk. Begini kata warga

surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Suasana sehari-hari di kampung Bundaran Dolog yang dikepung jalan raya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga Kampung Bundaran Dolog memiliki sejumlah permasalahan selain soal pembebasan lahan. Jika memang rencana penggusuran masih belum ada kepastian, warga setempat meminta hak hidup layak di kampung mereka diperhatikan.

"Masalah yang setiap hari kami hadapi adalah kami kesulitan akses keluar kampung. Dikepung jalan raya membuat kami was-was harus menyeberang ke kampung yang lain," ucap salah satu warga kampung bundaran Dolog, Henny Abbas, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya, anak-anak di kampung ini masih banyak yang usia sekolah. Terutama untuk yang masih usia sekolah dasar.

Sekolahnya memang tidak jauh, cukup menyeberang saja. Namun menyeberang pun susah, tidak ada jembatan penyeberangan ataupun lampu merah khusus untuk menyeberang.

"Anak-anak kalau mengaji juga ada yang di kawasan Jemur, cuman nyeberang, tapi menyeberangnya dua lapis, jalan raya dan rel kereta api. Itu membuat was-was," ulasnya.

Oleh sebab itu orang tua kerap mengalah untuk mengantar menggunakan sepeda motor. Itu pun harus memutar kampung dulu baru bisa menyeberang lewat lampu merah bundaran Dolog.

Namun, tidak setiap kali orang tua sempat. Oleh sebab itu, warga setempat meminta agar pemkot memiliki perhatian pada warga kampung mungil ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Wagiman. Tokoh masyarakat setempat ini meminta ketersedian akses keluar kampung. Agar hak-hal anak dan warga bisa terpenuhi.

"Pembebasan juga masih wacana sejak dulu. Paling tidak kami minta akses agar mudah kemana-mana. Akses itu penting, karena kami belanja saja harus keluar kampung," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved