Grahadi

Pemprov Jatim

Pakde Karwo Dukung UTM Kembangkan Jagung Hibrid Madura

“Hasil dari jagung hibrid ini bisa lebih dari dua kali lipat jagung lokal,” kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo Dukung UTM Kembangkan Jagung Hibrid Madura
foto: Humas Pemprov Jatim
Pakde Karwo dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Swasembada Tanaman Jagung dan Pembangunan Madura, di kampus UTM Bangkalan, Madura, Selasa (11/4/2017). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo mendukung langkah Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk mengembangkan jagung hibrid Madura melalui proses research and development.

Dukungan itu diberikan sebagai upaya meningkatkan produktivitas jagung Madura yang masih tergolong rendah.

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim, menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Swasembada Tanaman Jagung dan Pembangunan Madura, di kampus UTM Bangkalan, Madura, Selasa (11/4/2017).

Menurut Pakde Karwo, jagung hibrid hasil riset UTM ini mampu menghasilkan 7,9 ton per hektar, lebih banyak dari jagung lokal Madura, yang hanya menghasilkan 2,5 ton per hektar.

“Hasil dari jagung hibrid ini bisa lebih dari dua kali lipat jagung lokal,” katanya.

Untuk meningkatkan produksi jagung Madura, selain dengan meningkatkan produktivitasnya, juga perlu dilakukan perluasan areal tanam.

Perluasan lahan tersebut membutuhkan komitmen kuat dari kepala daerah yang dibantu unsur Muspida seperti Dandim dan Kapolres.

“Perluasan ini bisa dilakukan dengan melibatkan unsur perguruan tinggi seperti MoU dengan UTM ini. Tapi saya minta dicek betul tanahnya, jangan tanah yang bermasalah,” kata.

Langkah lainnya, Pakde meminta bupati di Madura untuk menyiapkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) agar memberikan kredit murah bagi petani jagung.

Model ini bisa dilakukan melalui skema loan agreement, yakni meminjamkan uang dari APBD, tanpa meminta jasa giro. Untuk kemudian disalurkan menjadi kredit murah dan asuransi bagi petani jagung.

Halaman
123
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved