Lapor Cak

Kepala SMKN 1 Surabaya Izinkan Siswa Sekolah Lain Magang di Hotel yang Mereka Miliki

Kepala SMKN 1 Surabaya, Bahrun, membuka pintu lebar-lebar untuk siswa sekolah lain yang ingin magang di hotel yang dikelola sekolahnya. Ini syaratnya.

surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Pelajar SMKN 1 Surabaya melayani tamu yang akan menginap di hotel yang mereka kelola untuk belajar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Fasilitas hotel sebagai laboratorium jurusan Akomodasi Perhotelan tak dimiliki semua sekolah. Untuk itu Kepala SMKN 1 Surabaya, Bahrun mengungkapkan menerima siswa sekolah lain yang mau magang di hotel milik sekolahnya.

Menurutnya, standar yang harus dilakukan siswa di laboratorium bisa menjadi acuan sekolah lain. Apalagi standar yang dimiliki sesuai dengan hotel bintang 3.

“Siswa sekolah lain bisa datang berkunjung atau magang, ya asalkan jurusannya sama,” lanjutnya.

Di hotel tersebut, siswa akan mempraktekkan sistem hospitality hingga pelayanan konsumen di meja resepsionis. Walaupun laboratorium, dibukanya hotel ini untuk umum diharapkan bisa menjadi latihan siswa secara nyata dalam menghadapi konsumen yang beragam.

“Setiap hari terdapat siswa piket yang bertugas memberikan pelayanan di hotel sekolah. Mulai front office (FO) sampai housekeeping. Tentu, siswa mendapatkan penilaian dari sekolah selama bertugas di hotel,”jelasnya.

Mendekati kelulusan, siswa juga mengikuti ujian keahlian di lembaga sertifikasi profesi (LSP). Pengalaman di hotel juga akan membantu mereka dalam lolos uji LSP.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved