Berita Gresik

VIDEO - Mau Rasakan Sensasi Petik Sayuran Hidroponik? Di Sini Tempatnya

“Ini baru saja panen. Untuk kedepannya saya yakin bisnis hidroponik ini mempunyai prospek bagus,” terang Teguh, Minggu (2/4/2017).

Reportase : Mohammad Romadoni

SURYA.co.id | GRESIK - Petani hidroponik Teguh Arif Bijaksana (36) mengaku omzet dari penjualan sayuran hidroponik dalam waktu enam hari ini sudah mencapai Rp 800.000.

Teguh yakin biaya untuk membangun green house hidroponik seluas 14 meter x 35 meter sebesar Rp 255.000.000 akan cepat balik modal.

“Ini baru saja panen. Untuk kedepannya saya yakin bisnis hidroponik ini mempunyai prospek bagus,” terang Teguh, Minggu (2/4/2017).

Menurut dia, biasanya lahan hidroponik miliknya di Perumahan BSI Sekar Indah Blok A Kecamatan Kebomas Gresik itu selalu ramai dikunjungi warga yang ingin merasakan sensasi petik sayur.

"Ya bisa jadi wisata petik sayur juga. Setiap hari pasti ada warga yang datang dan membeli sayur hidroponik," ujarnya.

Selain kangkung Bangkok, sambung Teguh, pihaknya juga menanam sawi pakcoy dan salada (Lettuce) serta selada merah (Butterhead Lettuce). Tak hanya itu, dia juga menanam sayuran mawar jawa (Java Rose).

“Nanti selain sayuran, rencananya juga akan mencoba menanam buah melaui cara hidroponik,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Komunitas Hidroponik Gresik, Syaiful Arif (31) saat ini sayuran hidroponik yang paling laris dipasaran adalah kangkung Bangkok.

“Kangkung sudah sangat popular jadi banyak diburu sama warga yang datang kesini,” imbuhnya.

Menurut dia, sayuran hidroponik bebas pestisida dan bahan kimia lainnya memiliki kandungan gizi yang baik. Tak hanya itu, sayuran hidroponik terbukti selama enam hari tidak akan layu jika disimpan di lemari pendingin.

“Meski harga sayuran hidroponik dibandingan dengan sayuran dari media tanam lainnya lebih mahal, namun kwalitas dan kesehatan serta kandungan zat mineral dan protein lebih banyak. Sayuran hidroponik lebih kaya akan nutrisi dan vitamin yang ada dalamnya sangat baik untuk dikonsumsi tubuh,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pihaknya dengan senang hati mengajari warga yang mau belajar bertanam hidroponik.

Selama dua tahun komunitas hidroponik Gresik ini beridiri telah memberikan pedampingan penuh kepada warga yang ingin berkecimbung didunia tanaman hidroponik.

“Kami akan mengajari warga yang mau belajar bertanam hidroponik sampai bisa,” imbuhnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved