Breaking News:

Berita Surabaya

Pemprov Jatim Anggarkan Rp 2 Miliar untuk Biayai Riset Bidang Kesehatan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelontorkan anggaran Rp 2 miliar di tahun ini untuk pengembangan penelitian dan riset di bidang kesehatan.

Surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Gubernur Jatim, Soekarwo, memberikan sambutan pada acara "Penyerahan Sertifikat Dosen dan SK Jabatan Guru Besar oleh Kemenristek Dikti dan Penyerahan Dana Riset Pengembangan Publikasi Hasil Riset Oleh Gubernur Jatim" di RSUD Dr Soetomo, Senin (27/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menyiapkan anggaran mencapai dua miliar rupiah untuk mengembangkan penelitian dan riset di bidang kesehatan pada tahun ini. 

Berdasarkan penjelasan Gubernur Jatim, Soekarwo, anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk pembiayaan 40 proyek riset. Masing-masing proyek besaran bantuan yang akan diberikan pemerintah mencapai Rp 50 juta.

Hal ini diutarakan oleh pria yang akrab disapa pakde Karwo itu pada acara "Penyerahan Sertifikat Dosen dan SK Jabatan Guru Besar oleh Kemenristekdikti dan Penyerahan Dana Riset Pengembangan Publikasi Hasil Riset Oleh Gubernur Jatim" di RSUD Dr Soetomo, Senin (27/3/2017).

Dengan adanya program bantuan tersebut, Pakde Karwo berharap dapat meningkatkan pengetahuan terhadap kesehatan masyarakat di bidang kesehatan. Sehingga, dampak tak langsungnya bisa membantu peningkatan pelayanan kesehatan.

"Outputnya, kami berharap dengan adanya program ini bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tuturnya Pakde Karwo.

"Masyarakat luas akan tahu persis tentang hidup sehat itu seperti ini (menyesuaikan hasil riset). Sedangkan untuk RSUD, sekaligus bisa meningkatkan pelayanan kepada pasien," lanjutnya.

Sepuluh bantuan di antaranya telah diberikan pada acara tersebut. Kesepuluh penerima bantuan ini juga merupakan dokter maupun perawat di RSUD Dr Soetomo.

Direktur RSUD Dr Soetomo, Harsono, mengapresiasi kepedulian Pemprov Jatim melalui program tersebut. Menurut Harsono, hasil riset yang akan dipublikasikan ke kancah nasional, bukan hanya bermanfaat bagi peneliti maupun RSUD, namun juga peneliti lain dunia.

"Perhatian yang diberikan oleh Bapak Gubernur terhadap riset ini luar biasa. Beliau mau membantu program riset yang bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat Jatim, namun juga bisa digunakan oleh masyarakat nasional," ujar Harsono.

"Selain itu, program riset ini juga tidak mengatasnamakan Pemprov melainkan perguruan tinggi, dalam hal ini Unair (Universitas Negeri Airlangga). Ini program yang luar biasa," lanjut Harsono di tempat terpisah.

Menteri Ristek Dikti, M Nasir, tak ketinggalan memuji program Pemprov Jatim tersebut. Nasir bahkan merekomendasikan pemrov lain untuk meniru program tersebut.

"Luar bisa perhatian Gubernur Soekarwo, bahkan saya dengar masing-masing peneliti dianggarkan Rp 50 juta. Kita berharap langkah ini membuat kemajuan di berbagai lini kehidupan,” ujar Nasir di tempat yang sama. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved