Berita Surabaya

Hanya 25 Persen Lansia Tak Mampu di Surabaya yang Terima Jatah Makanan

Total lansia yang tidak mampu di Surabaya itu ada sebanyak 65 ribu. Namun saat ini yang dapat jatah makanan itu hanya 15.040.

hanif manshuri
ILUSTRASI LANSIA 

SURYA.co.id | SURABAYA – Komisi D DPRD Kota Surabaya Agustin Poliana mengusulkan ke Pemerintah Kota Surabaya untuk menambah kuota lansia yang menerima jatah permakanan. Sebab berdasarkan data yang ia pegang saat ini masih 25 persen lansia Surabaya yang mendapatkan bantuan makan dari Pemkot.

“Total lansia yang tidak mampu di Surabaya itu ada sebanyak 65 ribu. Namun saat ini yang dapat jatah makanan itu hanya 15.040. Atau sekitar 25 persennya saja,” ucapnya.

Ia menyebutkan, warga tidak mampu yang dapat bantuan makanan di Surabaya ada tiga golongan. Yaitu lansia, penyandang catat dan anak yatim.

Penyandang catat yang menerima jatah permakanan ada sebanyak 4806 orang. Sedangkan anak yatim yang dapat bantuan permakanan ada sebanyak 6000 orang.

“Kasian lansia yang didata 65 ribu itu adalah lansia yang tidak punya sanak saudara dan tinggal tidak diperhatikan keluarga. Sebaiknya segera disentuh program permakanan,” ucap politisi PDIP ini.

Alokasi anggaran untuk program permakanan di Surabaya tahun 2017 ini mencapai Rp 120 miliar.

Jika memang butuh tambahan dikatakan wanita yang akrab disapa Titin ini bisa diajukan di perubahan anggaran keuangan.

Sebab untuk memberikan programm permakanan ini sudah ada dalam Peraturan Daerah Kota Surabaya No 19 Tahun 2016.

Tidak hanya menyoroti tentang jumlah warga sasaran penerima manfaat, namun Titin juga menyoroti soal harga satuan untuk program permakanan.

“Warga lansia, anak yatim dan penyandang catat itu setiap hari dapat makan sehari sekali. Harga per porsinya Rp 11 ribu. Padahal itu sudah lengkap ada nasi, lauk, sayur, buah dan air mineral. Nilai Rp 11 ribu itu belum naik sejak tahun 2015,” kata Titin. Belum dipotong ongkos kirim per porsi Rp 500,00.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved