Breaking News:

Berita Banyuwangi

VIDEO - Senyum Petugas RSUD Blambangan untuk Para Lansia Banyuwangi

Tidak menjadi adil, ketika orang lanjut usia dengan keterbasan tenaga, harus bersusah payah mengurus sendiri di rumah sakit.

Penulis: Haorrahman | Editor: Parmin

Reportase : Haorahman

Editor video: Dodo HW

SURYA.co.id | BANYUWANGI -Kesehatan yang berkeadilan adalah hak semua warga Indonesia. Adil bukanlah soal siapa cepat dia dapat. Tapi mengarah pada pelayanan yang tepat.

Tidak menjadi adil, ketika ada orang lanjut usia harus mengantri lama, dengan mereka yang masih muda dan memiliki keluhan yang sama. Tidak menjadi adil, ketika orang lanjut usia dengan keterbasan tenaga, harus bersusah payah mengurus sendiri di rumah sakit.

Itulah yang ingin diubah di RSUD Blambangan Banyuwangi. Penghormatan pada orang tua, menjadi dasar bagi RSUD Blambangan untuk berinovasi dengan meluncurkan Kartu Gandrung. Kartu Gandrung ini, makin melengkapi layanan kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS).

Kartu Gandrung, dibuat untuk mereka yang telah lanjut usia, agar mendapat layanan patas ketika berobat. Mereka akan menjadi prioritas, dan mendapat perlakuan yang istimewa.

Mereka yang memiliki Kartu Gandrung, ketika datang ke rumah sakit langsung mendapat pelayanan, tidak butuh mengantri dengan pasien lainnya. Dr Taufiq Hidayat, Direktur RSUD Blambangan Banyuwangi mengatakan, tidak semua orang tua memiliki keluarga yang menemaninya di masa tua.

Banyak orangtua yang tinggal bersama istri atau suami yang juga sudah lanjut usia. Bahkan ada yang tinggal sendiri. Sedangkan anak-anak mereka, ada yang tidak memiliki waktu karena harus bekerja dan memliki keluarga sendiri.

Ada pula yang berpisah karena meniti karir di daerah lain. Sehingga tak jarang, orang tua harus mengurus dirinya sendiri ketika berobat ke rumah sakit.

"Kami tidak tega melihat seperti itu. Karenanya kami berikan solusi dengan mengedepankan kasih sayang pada mereka," kata Taufik, Jumat (24/3/2017).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved