Citizen Reporter

Menyusuri Pesona Pesisir Barat Lampung yang Jadi Lokasi Pelesiran Peselancar Dunia

tak banyak yang mengetahui betapa eloknya Kabupaten Pesisir Barat Lampung ini, pantai perawan dan ombak favorit peselancar dunia..

Menyusuri Pesona Pesisir Barat Lampung yang Jadi Lokasi Pelesiran Peselancar Dunia
rosdiana/citizen reporter
Cantiknya pantai di Pesisir Barat Lampung 

Reportase Rosdiana
Pegiat literasi/travel blogger
www.adventurose.com

KABUPATEN Pesisir Barat Lampung ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya Pantai Tanjung Setia. Pantai ini setiap tahunnya selalu menjadi tujuan para wisatawan dunia penggemar olahraga surfing. Mereka rela menempuh jarak ribuan kilometer demi berselancar di Pantai Tanjung Setia.

Ada juga Pulau Pisang, yang belakangan mulai dikembangkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata unggulan. Pulau Pisang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pantai-pantainya masih alami.

Bagi penggemar kain tradisional juga akan dibuat terpikat oleh kain-kain tapis hasil sulaman tangan para perempuan di Pulau Pisang. Kabarnya, kain tapis Pulau Pisang ini merupakan yang paling rapi buatannya dibandingkan daerah lain. 

Untuk lebih memperkenalkan potensi yang dimiliki kabupaten di barat Lampung ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, Audi Marpi, mengundang sejumlah travel blogger untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayahnya.

Selama ini, blog-blog yang ada kerap menjadi rujukan para wisatawan yang ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Karena itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat melihat hal ini sebagai salah satu sarana efektif untuk mempromosikan wisata Pesisir Barat.

Pesona Krui 2017

Blogger trip ini juga dilakukan untuk menyongsong kegiatan Pesona Krui 2017 yang akan digelar pada 13-22 April 2017 mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Festival Teluk Stabas, Krui Fair, dan Kompetisi Surfing Internasional yakni Krui Pro 2017 WSL QS1000 Surfing Competition.

Festival Teluk Stabas akan dilaksanakan pada 13-22 April 2017 yang dipusatkan di Kawasan Pantai Labuhan Jukung. Kegiatan ini nantinya akan diisi dengan berbagai atraksi budaya dan perlombaan.

Salah satunya adalah pencatatan Rekor Muri Ngunduh Damar, yakni seribuan orang akan secara bersamaan memanen damar dari pohonnya.

Sejak jaman dulu Pesisir Barat dikenal sebagai penghasil getah damar terbesar di dunia. Salah satu yang dikunjungi para travel blogger adalah Pekon Rawas, Krui.

Sementara, Krui Pro 2017 WSL QS1000 Surfing Competition akan dilaksanakan 15-20 April 2017 di Kawasan Pantai Tanjung Setia. Even bertaraf internasional ini akan diikuti peserta kompetisi dari berbagai negara.

Saat ini, sedikitnya sudah 50 peserta mendaftar, di antaranya berasal dari Australia, Jepang, Selandia Baru, Yunani, dan Brazil.

Menurut Audi Marpi, “even kejuaraan surfing ini juga sangat penting, mengingat Kabupaten Pesisir Barat menjadi kandidat venue surfing dalam Asian Games 2018.  Kejuaraan ini akan memperlihatkan pada dunia bahwa Pesisir Barat memiliki ombak terbaik untuk berselancar.”

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved