Ekonomi dan Bisnis

BEI : Cuma 3 Persen Masyarakat yang Paham Investasi Saham

Belum banyak masyarakat yang mengerti cara berinvestasi saham. Bahkan menurut BEI, dari total penduduk Indonesia, baru 3 persen yang paham.

BEI : Cuma 3 Persen Masyarakat yang Paham Investasi Saham
antara/fauziyyah sitanova
Ilustrasi, seorang pria berjalan di depan layar elektronik berisi informasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Terobosan yang dilakukan PT BEI (Bursa Efek Indonesia) melalui The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dengan menggandeng perguruan tinggi merupakan upaya merespon rendahnya tingkat pemahaman masyarakat soal pasar saham.

Menurut Direktur BEI, Hamdi Hassyarbaini, persentase masyarakat yang memahami pasar saham tak lebih dari tiga persen.

Presentasi ini jauh lebih rendah dari pemahaman masyarakat soal perbankan yang mencapai 20 persen.

"Sehingga tak heran kalau masyarakat lebih memilih berinvestasi di bank karena mereka lebih paham," ujar Hamdi di hadapan mahasiswa.

Hal ini pula yang membuat tingkat investasi lokal di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan investor asing.

"Meskipun jumlah investor terus meningkat, namun jumlahnya masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah total penduduk Indonesia.

Oleh karena itu, melalui program kerjasama dengan perguruan tinggi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah partisipan di pasar modal. Bukan hanya investor, namun juga tenaga profesional.

"Dalam konteks supply and demand terhadap calon investor, harus disediakan tenaga profesional yang kompeten, agar tingkat kepercayaan dan keyakinan calon investor dapat meningkat," ulasnya.

Selain itu, BEI juga memperbanyak galeri investasi hingga 254 di seluruh Indonesia. Juga, dengan membuka cabang hingga 25 kantor yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved