Lapor Cak

Sistem Pajak Online Mudahkan Wajib Pajak Sekaligus Petugas

Direktorat Jenderal Pajak Jatim kejar target jumlah SPT yang sampai tengah bulan ini tak kunjung memenuhi target. Begini caranya...

Sistem Pajak Online Mudahkan Wajib Pajak Sekaligus Petugas
surabaya.tribunnews.com/Sugiharto
Sejumlah wajib pajak mengantre pengurusan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo Surabaya, Selasa (21/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hingga pertengahan bulan ini, Surat Pemberitahuan (SPT) wajib pajak di DJP Jatim 1 masih belum mencapai target yang ditentukan. DJP Jatim 1 mencatat baru sekitar 110 ribu WP yang melaporkan penghasilannya.

Padahal, DJP Jatim 1 menargetkan dapat mencatat 220 ribu SPT, sama seperti pencapaian di tahun sebelumnya untuk periode yang sama (Januari-Maret). "Kami telah mencapai 50 persen dari target," ujar Ardi di kantor DJP Jatim 1.

Dengan sisa waktu sekitar sepekan menjelang penutupan masa Tax Amnesty pada 31 Maret mendatang, Ardi masih optimis bahwa pihaknya akan mampu untuk menuntaskan target tersebut.

"Sisa waktu sepuluh hari ini akan kami gunakan untuk mengejar target," jelasnya.

Di antaranya dengan memaksimalkan program online, e-Filling. Sehingga, wajib pajak tak perlu repot datang kantor pajak hingga mengantri berjam-jam untuk melaporkan SPT-nya.

"Kalau targetnya segitu, berarti untuk perhari nya harus ada sekitar 10 ribu WP yang melapor. Sehingga, dengan jumlah petugas yang kami miliki serta luas parkir yang ada, sepertinya kami akan kesulitan untuk menampung jumlah WP sebanyak itu," ujarnya.

"Sehingga, kami mendorong wajib pajak untuk menggunakan e-Filling. Bagi mereka yang telah memiliki EFIN, tak perlu repot dan antri di kantor, cukup melalui e-Filling, semua bisa," ujarnya.

Tak hanya WP yang dipermudah, petugas pun juga dapat lebih mudah dalam melakukan pendataan. "Sistem online tersebut dibuat untuk sama-sama memudahkan," pungkas Ardi. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved