Sambang Kampung Ilmu Jalan Semarang

Warga Kampung Ilmu Rindu Bimbel, Aktivitas Terhenti Imbas Gedung Rusak

penjual buku yang sekaligus orangtua anak-anak itu pernah dibuat nyaman dengan adanya pelajaran tambahan di kampung ilmu untuk anak-anak mereka.

surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Suasana ruang perpustakaan di lantai 2 kampung ilmu di Jl Semarang, Kamis (9/3/2017). Sudah lama bimbel gratis di kampung ilmu tidak lagi berjalan karena tempat bimbel yang tidak terawat lagi. 

SURYA.co.id | SURABAYA- Sejumlah anak usia SD dan SMP asyik bermain di lingkungan Kampung Ilmu Surabaya di Jalan Semarang, Kamis (9/3/2017) sore. Ada yang main kelereng atau sekadar kejar-kejaran. Ada pula yang bergerombol sambil matanya menatap layar ponsel.

Mereka asyik bermain di areal dalam Kampung Ilmu. Persisnya, di dekat Pendopo Kampung Ilmu yang biasa dijadikan sentra kegiatan kampung khusus ini.

"Dulu ada bimbel (bimbingan belajar) gratis saban sore di sini. Sekarang tidak ada lagi," sesal beberapa penjual buku di Kampung Ilmu, Kamis (9/3/2017).

Para penjual buku yang sekaligus orangtua anak-anak itu, pernah dibuat nyaman dengan adanya pelajaran tambahan untuk anak-anak mereka. Sebab, anak-anak jadi belajar setiap sore. Tidak hanya menghabiskan waktu dengan bermain.

"Mungkin kalau tempat bimbel sudah diperbaiki, akan ada lagi. Anak-anak lebih baik ikut bimbel saja," ujar Ny Yuni, salah satu penjual buku.

Pantauan Surya, lokasi bimbel memang kondisinya memprihatinkan. Ruang di lantai dua gedung Kampung Ilmu itu, kini dibiarkan merana. Atapnya jebol, menghitam di beberapa bagian. Tempat ini kini malah jadi gudang menyimpan bata putih.

Rak buku juga tampak dibiarkan teronggok di ruangan ini. Sebenarnya ruangan itu cukup luas sekitar 5x4 meter. Berlantai keramik di lantai dua gedung. Nyaman karena berada di bawah pohon rindang. Sangat sejuk meski di siang bolong karena terik matahari tertahan oleh rindangnya pohon.

Koordinator penjual buku, yang sekaligus pengelola Kampug Ilmu, Budi Santoso, menuturkan bahwa sejak 2015, aktivitas bimbel di Kampung Ilmu terhenti.

"Itu tempatnya masih rusak. Kami belum sempat memperbaki. Dalam waktu dekat, kami akan perbaiki," tegas Budi.

Menjelang unas seperti saat ini, bimbel Kampung Ilmu sangat dinantikan. Selain bimbelnya gratis, juga penyampaian materi yang santai.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved