Berita Gresik

Ternyata Ini Makna Dibalik Kirab Budaya 'Tapak Tilas Sunan Giri' di Gresik

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan tujuan kirab budaya 'Tapak Tilas Sunan Giri' dan leluhur Maulana Malik Ibrahim.

Ternyata Ini Makna Dibalik Kirab Budaya 'Tapak Tilas Sunan Giri' di Gresik
surya/mohammad romadoni
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto bersama Wabup Muhammad Qosim beserta para pejabat Forkompinda di ruang Putri Mijil Pendopo Pemkab Gresik, Kamis (9/3/2017). 

SURYA.co.id | GRESIK - Kota Gresik sejak dulu telah dikenal sebagai kota yang kental akan kultur dan nuansa islami.

Untuk itu setiap perayaan yang ada di Kota Santri apapun itu selalu mengandung unsur budaya leluhur dan sejarah perjalanan Kota Wali ini di masa lampau.

Seperti acara kirab budaya yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun Gresik yang ke 530, Kamis (9/3/2017).

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan tujuan kirab budaya 'Tapak Tilas Sunan Giri' dan leluhur Maulana Malik Ibrahim.

Yaitu untuk menghargai leluhur atau sesepuh Gresik yang kala itu telah lama bertempat tinggal dan turut membangun Kota Wali ini.

Sekaligus dapat mengedukasi dan menanam nilai moral seluruh masyarakat Gresik agar dapat mempertahankan warisan budaya dan dapat menghargai jasa para leluhurnya.

"Skenario kirab budaya ini sudah dirancang sejak dulu oleh para leluhur kita. Oleh sebab itu kami tidak berani mengubahnya. Yang Kami lakukan adalah meneruskannya budaya para leluhur kami di masa silam," terang Sambari Halim Radianto, saat menggelar jumpa pers di Gedung Putri Mijil Pendopo Pemkab Gresik, Kamis (9/3/2017).

Rencananya, Sambari bersama Wabup Muhammad Qosim dan jajaran pejabat Forkompinda akan mulai melakukan persiapan kirab budaya yang terpusat di Derah Giri Kecamatan Kebomas tersebut.

"Setelah ini kami bersama Forkompinda akan menuju ke kawasan Giri untuk mulai melakukan persiapan kirab budaya," ungkapnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved