Lapor Cak

Normalisasi Bozem Morokrembangan Bikin Warga 'Hepi'

Normalisasi sungai yang dikerjakan Dinas PU BIna Marga dan Pematusan Surabaya di Kelurahan Morokrembangan, bikin warga Hepi. Ini alasannya...

Normalisasi Bozem Morokrembangan Bikin Warga 'Hepi'
surabaya.tribunnews.com/Bobby Constantine Koloway
Alat berat mengeruk lumpur dalam rangka normalisasi bozem morokrembangan di Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Proyek normalisasi sungai yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina marga dan Pematusan Kota Surabaya di kelurahan Morokrembangan mendapat apresiasi warga di sekitarnya. Warga kini tak khawatir lagi dengan kemungkinan banjir di daerah ini.

Selama beberapa bulan terakhir, dua buah excavator memang dioperasikan untuk proses pendalaman sungai di daerah bozem Morokrembangan. Dari pantauan Surya, dua alat berat tersebut melakukan proses pendalaman sungai yang berada di bawah penghubung tol Surabaya-Gresik.

Berdasarkan penjelasan seorang petugas yan enggan disebutkan namanya, aktivitas yang mereka lakukan ini telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

"Kami secara bergantian melakukan normalisasi di daerah ini," ucap sumber kepada Surya ketika ditemui di Gadukan Utara, tempat para operator ini beristirahat.

Berdasarkan penuturan mereka, mayoritas material yang mereka ambil berupa lumpur.

"Sejauh ini memang lumpur. Meskipun ada juga yang sampah. Soalnya memang daerah hilir," lanjut sumber yang mengenakan kaus dinas bertuliskan dinas PU kota Surabaya tersebut.

Program ini pun mendapatkan warga di sekitar bozem. Misalnya saja Irwanto, seorang warga Gadukan Utara yang berada tak jauh dari lokasi ini.

"Saya melihat sudah beberapa bulan terakhir pengerukan di bozem ini," ujarnya.

"Dengan adanya bozem ini, kami tak perlu lagi kawatir dengan adanya kemungkinan banjir. Soalnya, kalau pasang memang debit air besar. Sekarang tak pernah banjir lagi," jelasnya.

Pihak kelurahan Morokrembangan juga mengatakan terus berkoordinasi pemerintah kota dalam hal normalisasi sungai di kawasan ini. Salah satunya melalui pengerukan sungai.

"Kami selalu mendukung adanya program pemerintah terkait normalisasi sungai, khusunya di bozem tersebut. Program ini memang menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi titik banjir. Hal ini yang juga pernah dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya, sebelumnya," ujar sekretaris kelurahan Morokrembangan, Ninik. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved