Breaking News:

Berita Surabaya

3 Tahun Ruston Manfaatkan Rumah Singgah, Antar Anak Kemoterapi di RSUD Dr Soetomo

RUSTON MENGUNGKAPKAN, kemoterapi dijalani putrinya selama setahun ini memaksanya ikut tinggal di Surabaya.

surya/ahmad zaimul haq
KOS HARIAN - Agus Puspitaningsih dan Edi Pradana merawat Alfaro Adi Saputra (10 bulan) penderita Hidrosefalus di depan rumah kos harian Jl Dharmawangsa II usai berobat di RSU Dr Soetomo, Rabu (1/3/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memiliki putri bungsu pengidap kanker darah atau leukimia membuat Ruston (37) harus rela wira-wiri ke RUSD Dr Soetomo di Surabaya.

Penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Lamongan, bahkan telah melakoni itu semua sejak 2014, demi mengantar anaknya berusia 5 untuk tahun berobat.

Ruston mengungkapkan, kemoterapi dijalani putrinya selama setahun ini memaksanya ikut tinggal di Surabaya.

“Anak saya dirujuk, karena cuma di sini yang bisa kemoterapi. Hampir seminggu saya sempat tidur di rumah sakit," ujar pria yang kini menemani anak dan istrinya di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Rabu (1/3/2017).

Memang, tidak semua keluarga pasien dari luar kota yang berobat ke Surabaya, memiliki cukup uang untuk biaya hidup selama perawatan.

Pilihannya, tidur ala kadarnya di sekat kamar penderita atau mencari tempat tinggal di sekitar rumah sakit (RS).

Beruntung, Ruston akhirnya mengetahui dan bisa tinggal di rumah singgah, setelah diberitahu keluarga pasien lain.

Menurutnya, ia biasa tinggal di YKAKI jika harus menunggu jadwal kemoterapi tak sampai seminggu. Tetapi, jika jadwal kemoterapi berjeda 1 bulan, ia memilih membawa anaknya pulang.

“Kalau perawatan rutin biasanya cuma sama ibunya, saya kerja. Tetapi kali ini ada banyak pemeriksaan, jadi saya harus menemani ibunya,” ungkap Ruston.

Selama seminggu ini, misalnya, kesehatan anaknya menurun karena cacar. Mata anaknya juga membengkak, ia pun harus menjalani pemeriksaan berkala ke berbagai departemen sesuai rujukan dokter.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved