Berita Kediri

VIDEO - 150 Orang dari Sumatera ke Kediri untuk Prosesi Adat di Makam Tan Malaka

TAN MALAKA, tokoh Kiri yang jadi Pahlawan Nasional. Ratusan orang dari keluarga besarnya di Sumatera ke Kediri untuk menggelar prosesi adat.

SURYA.co.id | KEDIRI - Hujan tangis mewarnai prosesi adat pemindahan makam Pahlawan Nasional Ibrahim Datuk Tan Malaka di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Selasa (21/2/2017).

Para undangan tak kuasa menahan tangis saat Hengky Novaron Tan Malaka, ahli waris Tan Malaka membacakan riwayat singkat almarhum.

Disebutkan, almarhum meninggal dunia karena dieksekusi kawan seperjuangan akibat perbedaan pandangan. 

Tangis pun pecah saat undangan yang berjumlah ratusan memenuhi areal pemakaman umum Desa Selopanggung. Banyak undangan yang terisak-isak hingga mengucurkan air mata.

Pemindahan makam Tan Malaka ini hanya berlangsung secara simbolis. Tetua adat hanya mengambil sampel tanah dari kuburannya untuk dibawa ke tanah kelahirannya Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Prosesi selanjutnya, tanah dari pusara Tan Malaka kemudian dibungkus kain kafan. Tanah itu kemudian dimasukan ke dalam peti besi yang diselimuti dengan bendera merah putih.

Sebelum pengambilan tanah juga dilakukan prosesi adat Minangkabau oleh para tetua adat. Hal ini dilakukan karena Ibrahim Datuk Tan Malaka merupakan raja di tanah kelahirannya.

Salah satu prosesi dilakukan dengan penobatan Hengki Novaron Tan Malaka sebagai raja ke 7. Sedangkan Ibrahim Datuk Tan Malaka merupakan raja ke 4.

Peralihan prosesi adat ini ada yang terputus karena sebelumnya tidak diketahui jejak makam Tan Malaka. Makam Tan Malaka baru diketahui setelah penelitian bertahun-tahu yang dilakukan Harry A Poeze dari Belanda.

Hasil penelitian Poeze menemukan jejak makam Tan Malaka di pemakaman umum Desa Selopanggung. Makam ini berada di desa terpencil yang pernah menjadi markas pejuang gerilya.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved