Berita Surabaya

Wujudkan Silicon Valley di Surabaya, Risma dan Rektor ITS Datangi Markas Google dan Facebook

Beberapa tempat yang dikunjungi adalah markas Google, Facebook, Instagram, GVS Laoratory, Intel, Berkeley University of California

Wujudkan Silicon Valley di Surabaya, Risma dan Rektor ITS Datangi Markas Google dan Facebook
surya/ist
Wali Kota Surabata Tri Rismaharini bersama Rektor ITS Joni Hermana saat berada di Berkeley University of California. Kunjungan itu adalah upaya pemkot Surabaya untuk mewujudkan SIlicon Valley Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selama sepekan berada di Amerika Serikat (AS), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi beberapa tempat.

Salah satu anggota rombongan, Rektor ITS Joni Hermana mengatakan, beberapa tempat yang dikunjungi adalah markas Google, Facebook, Instagram, GVS Laoratory, Intel, Berkeley University of California dan University Standford.

“Perjalanan ke San Francisco ini merupakan bagian dari misi besar Bu Risma, yang ingin mewujudkan ekonomi digital kota Surabaya, dengan memberdayakan anak-anak muda melakukan start-up business yang ditunjang oleh sistem IT berbasis internet,” ujar Joni Hermana, sebagaimana ditulis Joni dalam catatan di laman Facebook pribadinya.

Kunjungan ke Amerika Serikat ini dilakukan Risma dan rombongan sejak tanggal 11 Februari hingga 17 Ferbuari 2017.

Menurutnya, terobosan inovatif ini dilakukan setelah Risma sukses memberdayakan penduduk kota Surabaya, terutama ibu-ibu kampung, dengan pembangunan ekonomi melalui program kampung tematik.

Untuk misinya kali ini, tidak tangung-tanggung, disampaikan Joni, Risma memang langsung langsung memimpin sendiri delegasi kota Surabaya mengunjungi beberapa obyek penting dan top kelas dunia yang dapat memberi inspirasi untuk berinovasi lebih lanjut bagi pembangunan kota.

“Siapa tidak pernah dengar Silicon Valley, UC Berkeley, Stanford University, Google, Facebook, dan Intel. Mereka dengan senang hati menerima rombongan Bu Risma, karena nama beliau ternyata mereka kenal melalui dunia maya yang menjadi perangkat utama bisnis mereka,” ulas Joni.

Banyaknya penghargaan internasional yang diperoleh Risma ternyata membuat mereka penasaran mereka untuk bertemu dan berdislusi secara langsung dengan wanita nomor satu di Kota Pahlawan ini.

Diajaknya akademisi untuk mengikuti lawatan ke negeri adidaya adalah tak lain untuk bisa mengadopsi perkembangan teknologi informasi di sana untuk dibawa kembali ke Surabaya.

“Kami akan tindaklanjuti, pertengahan Agustus kita akan undang 20 ahli teknologi informasi dari Silicon Valley ke Surabaya,” ucap Joni.

Mereka akan diminta untuk memberikan pelatihan untuk anak-anak muda Surabaya bagaiaman memanfaatkan teknologi informasi untuk bisnis start-up.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved