Berita Gresik

Diklatsar, Anggota Satpol PP Gresik Didorong Menguasai Perda dan Undang-undang

Puluhan anggota Satpol PP Kabupaten Gresik ikut Diklatsar. Dalam acara itu, bupati mengimbau mereka lebih paham Perda dan Undang-undang.

Diklatsar, Anggota Satpol PP Gresik Didorong Menguasai Perda dan Undang-undang
surabaya.tribunnews.com/Sugiyono
Diklatsar Satpol PP Kabupaten Gresik, Kamis (16/2/2017) 

SURYA.co.id | GRESIK - Sebanyak 25 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gresik mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar).

Dalam kegiatan itu, para peserta diharapkan bisa memahami peraturan daerah (Perda) sehingga dalam penegakkannya tidak sampai berbenturan dengan masyarakat.

Pembukaan Diklatsar dilakukan langsung oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

Sambari berharap agar materi yang disampaikan dalam Diklatsar banyak membahas tentang perda.

“Perbanyak pembekalan tentang Perda dan Perundang-undangan. Tak hanya latihan fisik semata seperti diklatsar yang terdahulu,” kata Sambari, Kamis (16/2/2017).

Pentingnya anggota Satpol PP Gresik mendapat pengetahuan tentang aturan perundangan mengingat mereka yang bertugas di lapangan akan berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga harus tahu cara-cara berkomunikasi yang santun dan lebih manusiawi. Misalnya bagaimana menanyakan perizinan tentang suatu bangunan kepada pemiliknya,” katanya.

Tentang pemahaman perundangan, Bupati menekankan agar pemberian materi lebih dalam tentang aturan yang sesuai dengan penugasannya di lapangan.

Misalnya tentang aturan larangan minuman keras dan larangan perbuatan cabul. Hal ini harus lebih diberi pemahaman mendalam.
Jangan sampai ada pemahaman keliru sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat.

Kabag humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan kegiatan diklatsar ini untuk memperdalam tugas pokok dan fungsi Dinas Satpol PP.
“Peserta juga diajak untuk observasi lapangan. Observasi lapangan akan diberikan studi kasus yang ada di lapangan sehingga lulus dari diklatsar anggota baru Satpol PP bisa bertugas dengan baik,” kata Suyono.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved