Berita Banyuwangi

Azwar Anas : Tidak Waktunya Lagi Bupati Pencitraan, Sekarang Data Sudah Terbuka

Itu yang membuat Banyuwangi harus bekerja sesuai data, dan harus bisa diukur manfaatnya oleh masyarakat.

Azwar Anas : Tidak Waktunya Lagi Bupati Pencitraan, Sekarang Data Sudah Terbuka
Bupati Banyuwangi saat Musrembangcam 2017, yang digelar di Kecamatan Blimbingsari 

SURYA.co.id | BANYWUANGI - Tantangan daerah ke depan semakin berat. Karena itu kinerja daerah harus terukur dan berdasarkan data.

Itu yang membuat Banyuwangi harus bekerja sesuai data, dan harus bisa diukur manfaatnya oleh masyarakat.

"Sudah tidak waktunya lagi bupati pencitraan. Karena sekarang data sudah terbuka, dan bisa diakses. Kalau tidak sesuai data, masyarakat bisa melaporkan," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrembangcam) Se-Kecamatan Banyuwangi, di Kecamatan Blimbingsari, Kamis (16/2/2016).

Karena itu di Musrembangcam 2017, yang dihadiri seluruh kepala desa, camat, dan stakeholder di Banyuwangi, Anas menyampaikan masalah yang ada di Banyuwangi dengan data yang detail.

Meski Banyuwangi telah mengalami berbagai macam peningkatan bahkan meraih banyak penghargaan, namun Anas mengatakan ada dua hal yang masih harus ditingkatkan lagi.‎

"Ada dua hal yang menjadi prioritas, pendidikan dan kemiskinan. Tadi saya umumkan kecamatan-kecamatan mana yang masih tingkat kemiskinan yang tinggi, dan banyak anak putus sekolah," kata Anas.

Berdasarkan data statistik terdapat 517 anak putus sekolah di Banyuwangi. Ini merupakan data terbaru dari Dinas Pendidikan Banyuwangi.

Sebelumnya angka anak putus sekolah, di tahun sebelumnya tercatat 5.664 anak, dan kini 517 anak.

Anas mengatakan, masalah anak putus sekolah ini, hilang dan muncul. Setelah banyak yang dientaskan, ada yang muncul kembali.

"Banyak faktor yang menentukan. Mungkin karena orangtuanya meninggal, dan faktor lainnya. Karena itu, kami data by name by addres di tiap desa, agar bisa segera dientaskan," kata Anas.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved