Ekonomi dan Bisnis

Pasca Peluncuran Satelit Telkom 3S, Telkom Akan Semakin Agresif Bidik Pelanggan Indihome

Setelah satelit Telkom 3S diluncurkan di Guyana Perancis, Rabu (15/2/2017), perusahaan BUMN itu wajib meningkatkan pelayanan internetnya.

Pasca Peluncuran Satelit Telkom 3S, Telkom Akan Semakin Agresif Bidik Pelanggan Indihome
ist
Suparwiyanto, Executive Vice President (EVP) PT Telkom Jatim Bali Nusra. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peluncuran satelit Telkom 3S di Guyana Perancis, Rabu (15/2/2017) yang dipantau dari Kantor Telkom Divre V Jatim Bali Nusra di Surabaya, membuat perusahaan plat merah ini ditarget mampu meningkatkan pelayanan jaringan internetnya.

Karena dengan adanya satelit yang setelah diluncurkan langsung mengorbit di atas pulau Kalimantan dl itu, akan bisa membantu penyebaran layanan internet Telkom

"Selama ini layanan jaringan internet di Jatim, Bali dan Nusra, masih memanfaatkan jaringan kabel bawah laut dan radio. Sekarang bisa dengan satelit," jelas Suparwiyanto, Executive Vice President (EVP) PT Telkom Jatim Bali Nusra.

Dengan jaringan kabel bawah laut dan radio, layanan internet Telkom masing sangat terbatas. Terutama di daerah dengan topografi pegunungan dan pulau-pulau. Salah satunya di perbatasan Bojonegoro dengan Nganjuk yang melewati pegunungan dan hutan jati.

"Dengan satelit, hambatan topografi bisa dikurangi bahkan sudah tidak akan ada masalah, karena akses internet akan dicover satelit," lanjutnya.

Saat ini, kebutuhan internet semakin besar, terutama untuk membantu memasarkan produk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

"Produk gagang pacul asal China laris di pasaran karena dipasarkan lewat internet," tambah Suparwiyanto.

Salah satu produk yang akan agresif ditawarkan ke pelanggam adalah Indihome. Saat ini, jumlah pelanggan Indihome Telkom masih di kisaran 1,7 juta pelanggan dan di Jawa Bali Nusra baru 400 ribu pelanggan.

Pasca pengoperasian satelit ini, Suparwiyanto optimis jumlah akan bertambah menjadi 1 juta pelanggan di wilayahnya.

Bagi pelanggan lama, satelit akan mempercepat akses internet. Bila sekarang ini kecepatan akses terbatas hanya 5 Mbps, ke depan dipastikan akan bertambah menjadi 10-20 Mbps.

Sejumlah wilayah akan mereka garap pasarnya, di antaranya di pulau-pulau timur Madura dan daerah pegunungan. Peluncuran satelit ke-3 milik Telkom diakui Suparwiyanto, lima kali lebih percaya diri untuk mengembangkan pasar internet yang terus bertumbuh.

Para calon pelanggan nantinya akan ditawari dua pilihan apakah akan menggunakan Indihome Fiber atau Indihome Sky (satelit).

"Saat ini ada 60 juta UMKM di Indonesia. Mereka menjadi pasar yang potensial yang akan memberi banyak multipliyer efek bila memanfaatkan intenet dalam usahanya," jelas Suparwiyanto.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved