Hukum Kriminal Surabaya

Pencuri Burung Tertangkap, Motornya Dihancurkan Warga, saat Beraksi Pelaku Terpergok Tetangga

Jufri mencuri burung milik Supeno (56), warga Jl Pogot Jaya Surabaya, Kamis (9/2/2017) sekitar pukul 12.00 Wib.

Pencuri Burung Tertangkap, Motornya Dihancurkan Warga, saat Beraksi Pelaku Terpergok Tetangga
surya/fatkhul alami
Polisi memperlihatkan pencuri burung berikut barang buktinya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - M Jufri (22) harus mendekam di sel tahanan Polsek Kenjeran Surabaya. Pemuda asal Jl Sidotopo Jaya Surabaya ini dijebloskan ke sel tahanan, setelah tertangkap basah mencuri burung jenis lovebird di Jl Pogot Jaya Surabaya.

Jufri mencuri burung milik Supeno (56), warga Jl Pogot Jaya Surabaya, Kamis (9/2/2017) sekitar pukul 12.00 Wib. Jufri melakukan pencurian bersama temannya, RF (DPO) yang kabur saat hendak dilakukan penangkapan.

Awalnya, Jufri dan RF berkeliling mencari sasaran di kawasan Jl Pogot Jaya menggunakan dua sepeda motor. Saat tiba di Jl Pogot Jaya, mereka berdua menghentikan motornya di depan rumah korban yang saat itu sepi, tapi di teras rumah ada burung jenis lovebird yang terkung dalam sangkar.

"Karena rumah korban sepi, pelaku Jufri langsung masuk dengan cara naik dan melompat pagar. Setelah itu mengambil sangkar yang berisi burung lovebird. Sedang satu pelaku (RF) mengawasi dari luar rumah," sebut Kapolsek Kenjeran Kompol Achmad Faisol Amir didampingi Kanit Reskrim AKP Yudo Haryono, Jumat (10/2/2017).

Setelah mengambil sangkar berisi burung, pelaku Jufri keluar rumah korban dengan cara melompat pagar. Naas, belum sempat naik sepeda motor miliknya, Vario hitam L 5437 JM, ada satu tetanga korban yang melihat aksi pelaku.

Pelaku pun langsung diteriaki maling. Teriakan maling membuat warga di Jl Pogot Jaya keluar rumah dan menangkap pelaku Jufri. Sedangkan RF kabur dengan motornya begitu warga berdatangan ke lokasi kejadian.

"Untungnya pelaku yang tertangkap tidak dihakimi warga. Tapi, warga menghancurkan motor Vario L 5437 JM karena merasa jengkel dengan seringnya aksi pencurian. Sehingga begitu ada pelaku yang tertangkap, motornya dihancurkan," terang Yudo.

Saat ini, burung lovebird dan sepeda motor Vario L 5437 JM yang sudah rusak parah diamankan di Mapolsek Kenjeran sebagai barang bukti.

Jufri mengaku, dirinya sudah tiga kali melakukan pencurian burung lovebird. Dua pencurian sebelumnya dilakukan di Tanah Merah dan juga dilakukan bersama Rf.

"Saya diajak teman (Rf) untuk mencuri burung. Saya tidak tahu burung curianya dijual kemana, karena bukan saya yang menjual. Saya tahunya di beri uang setelah burung laku," aku Jufri.

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved