Breaking News:

Berita Surabaya

Perpustakaan KBS ini Bikin Pengunjung Serasa di Hutan

Kebun Binatang Surabaya kini punya perpustakaan yang bisa diakses semua pengunjung. Uniknya, perpustakaan ini bisa bikin pengunjung serasa di hutan.

Surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Suasana di Perpustakaan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang baru selesai direnovasi dan sudah bisa diakses pengunjung. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bermacam-macam satwa mulai gajah, unta, beruang madu, hingga kuda nil masuk ke dalam perpustakaan baru milik Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Surabaya.

Tentu saja, satwa-satwa ini bukan satwa asli, melainkan satwa yang direplika menjadi rak-rakan buku.

Ya, sejak tahun baru 2017, perpustakaan KBS memang baru rampung direnovasi. Tema yang diusung cukup unik, yaitu perpustakaan dalam hutan belantara namun dalam konsep indoor.

Rak buku yang mulanya hanya berbentuk kotak berwarna coklat diubah menjadi rak berbentuk hewan-hewan dengan aneka warna. Ada yang berbentuk gajah berwarna biru, kuda nil berwarna oranye, serta unta berwarna kuning.

Alas lantainya pun dilengkapi dengan rumput sintesis berwarna hijau.

"Pembaca yang datang ke sini pasti merasa sedang ada di hutan. Suasananya dingin, dan wallpaper dinding perpustakaan juga dibuat seperti pohon yang ada di hutan," kata staf penanggung jawab Perpustakaan PDTS KBS Supriyanto, Selasa (7/2/2017).

Di perpustakaan ini terdapat sekitar 1.500 buku. Jenis bukunya pun bermacam-macam. Ada buku tentang fauna dan satwa, ada pula buku-buku pengetahuan umum. Selain itu juga buku-buku rujukan skripsi untuk mahasiswa.

"Sejak perpustakaan ini direnovasi, pengunjungnya jadi lebih banyak. Tahun baru 1 Januari 2017 kemarin pengunjung itu ada 238 orang. Kalau hari-hari biasa sepuluh sampai 20 orang," imbuh pria yang sudah bekerja di KBS selama 14 tahun ini.

Fasilitas yang juga menarik pengunjung untuk memanfaatkan perpustakaan adalah wifi. Siapa saja yang mau membaca buku di sini bisa menggunakan sarana wifi.

Meski memiliki cukup banyak koleksi buku, namun rak di perpustakaan ini masih banyak yang kosong. Oleh sebab itu pria ini berharap akan banyak warga Surabaya yang ikut menyumbang untuk perpustakaan KBS ini.

"Yang banyak dibaca sama anak-anak terutama yang buku cerita bergambar. Mereka senang membaca yang colorful dan banyak gambarnya," pungkas Supriyanto.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved