Berita Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Ancam Copot Kepala SKPD Bila Tak Segera Serap Anggaran,

Bupati Sidoarjo mengancam memecat kepala SKPD apabila tak kunjung menyerap anggaran yang telah ditetapkan.

Bupati Sidoarjo Ancam Copot Kepala SKPD Bila Tak Segera Serap Anggaran,
Surabaya.tribunnews.com/Irwan Syairwan
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah (berkopiah) saat meninjau gedung BKD yang baru, Selasa (7/2/2017). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meminta para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera melaksanakan program-programnya di 2017. Hal ini diperlukan agar anggaran yang sudah diberikan bisa segera terserap.

Saat meresmikan gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang baru, Selasa (7/2/2017), Saiful mengatakan akan mencopot kepala SKPD yang tidak segera merealisasikan program.

"Dananya sudah ada, tapi kalo belum digunakan sama juga bohong. Saya minta kepala SKPD untuk segera menyerap anggaran. Kalau tidak, mending saya ganti saja," kata Saiful.

Saiful menuturkan percepatan penyerapan anggaran diperlukan agar program pembangunan tahun anggaran baru ini bisa segera berjalan. Bupati dua periode ini akan mengawasi laporan kinerja serapan anggaran tersebut melalui Sekretaris Daerah (Sekda).

"Saya sudah perintahkan Sekda untuk ganti Kepala SKPD yang lambat mengerjakan programnya. Pembangunan jadi terhambat," sambungnya.

Sampai saat ini, baru beberapa SKPD yang sudah memulai programnya, terutama BKD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan lainnya.

Saiful menerangkan, meski didorong harus cepat menyerap anggaran, prosesnya harus benar dan tak menyalahi aturan. Apalagi, pihaknya sudah membentuk tim Saber Pungli Pemkab, untuk mengawasi manajerial aparaturnya.

Agar tak menyalahi aturan saat mengerjakan program atau proyeknya, para SKPD bisa berkoordinasi dengan Sekda atau Bagian Hukum Pemkab.

"Kalau bekerja sesuai aturan, pasti benar. Tak perlu takut melangkah. Bisa dikoordinasikan sebelum eksekusi programnya," ujarnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved